Logo Bloomberg Technoz

SMRC menyimulasikan tiga pasang yaitu Anies-Muhaimin, Ganjar-Ridwan Kamil dan Prabowo-Erick Thohir. Hasil surveinya bahwa dari persepsi responden didapatkan hasil Ganjar-Ridwan Kamil 35,4%, Prabowo-Erick 31,7% dan Anies-Muhaimin 16,4%. Sementara 16,4% responden menjawab belum tahu.

Pendiri SMRC Saiful Mujani dalam kanal YouTube dan juga rilis yang dikirimkan lembaga survei itu pada Kamis (14/9/2023) mengatakan, simulasi hanya untuk melihat bagaimana reaksi publik pada pasangan Anies-Muhaimin setelah dideklarasikan. Ganjar sendiri belum memutuskan akan berpasangan dengan siapa. Namun karena merujuk pada pemberitaan beredar, salah satu yang potensial adalah Ridwan Kamil dan sudah bertemu dengan Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri. Sementara untuk Prabowo, salah satu tokoh yang potensial menjadi pasangannya adalah Erick Thohir karena selalu didorong PAN.

“Tentu saja pasangan Ganjar maupun Prabowo bisa berubah, tapi setidaknya pasangan Anies-Muhaimin kemungkinan relatif stabil,” kata Saiful Mujani.

Grafik hasil survei SMRC pasangan capres-cawapres (Dok SMRC)

SMRC juga menyampaikan bahwa surveinya menunjukkan bagaimana dukungan pada pasangan ini dilihat dari pilihan pada partai politik. Survei ini menunjukkan sebagai berikut:

1. Mayoritas pemilih NasDem yakni 54% memilih Anies-Muhaimin, 15% memilih Ganjar-Ridwan, dan 31% Prabowo-Erick
2. Pemilih PKS juga dominan memilih Anies-Muhaimin 69%, memilih Ganjar-Ridwan 17%, Prabowo-Erick 14%, dan belum jawab 1%
3. Pemilih Demokrat hanya 22% yang memilih Anies-Muhaimin, 33% Ganjar-Ridwan, 39% Prabowo-Erick dan 6% tidak jawab
4. Pemilih PDI Perjuangan 8% memilih Anies-Muhaimin, 72% Ganjar-Ridwan, 15% Prabowo-Erick dan 5% tidak tahu 5. Pemilih Gerindra 10% memilih Anies-Muhaimin, 19% Ganjar-Ridwan, 68% Prabowo-Erick, dan tidak jawab 3% 
6. Pemilih Golkar 14% ke Anies-Muhaimin, 23% Ganjar-Ridwan, 40% Prabowo-Erick, dan 23% tidak jawab 
7. Pemilih PAN 11% ke Anies-Muhaimin, 23% Ganjar-Ridwan, 47% Prabowo-Erick dan 19% tidak tahu 
8. Pemilih PPP 24% ke Anies-Muhaimin, 36% ke Ganjar-Ridwan, 18% Prabowo-Erick dan 22% tidak jawab
9. Sementara pemilih partai-partai lain 10% memilih Anies-Muhaimin, 47% Ganjar-Ridwan, 36% Prabowo-Erick, dan 7% tidak jawab 
10. Sedangkan dari pemilih yang belum menentukan pilihan partai, 9% memilih Anies-Muhaimin, 14% Ganjar-Ridwan, 12% Prabowo-Erick, dan tidak jawab 64%.

Saiful menjelaskan bahwa pemilih NasDem cukup konsisten memilih Anies. Kata dia, idealnya sekitar 70% sampai 80% pemilih NasDem memilih Anies-Muhaimin. Walaupun belum maksimal ke Anies tapi setidak-tidaknya deklarasi Anies-Muhaimin tidak merontokkan dukungan partai.

Adapun metode yang dilakukan adalah random digit dialing (RDD). RDD adalah teknik memilih sampel melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak. Kemudian RDD sampel sebanyak 1212 responden dipilih melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak, validasi, dan screening. Margin of error survei diperkirakan ±2.9% pada tingkat kepercayaan 95%, asumsi simple random sampling. Wawancara dengan responden dilakukan lewat telepon oleh pewawancara yang dilatih pada 5-8 September 2023.

(ezr)

No more pages