Logo Bloomberg Technoz

Simulasi Capres-Cawapres: Ini Hasil Jika Ganjar Gaet Ridwan Kamil

Ezra Sihite
14 September 2023 23:31

Foto Kolase Ridwan Kamil, Erick Thohir dan Sandiaga Uno. (Eva Marie Uzcategui/Dimas Ardian/Bloomberg)
Foto Kolase Ridwan Kamil, Erick Thohir dan Sandiaga Uno. (Eva Marie Uzcategui/Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Memasuki pertengahan September 2023, dinamika bongkar pasang cawapres kembali menguat. Diketahui baru satu bakal capres yakni Anies Baswedan yang sudah mendeklarasikan bakal cawapresnya yakni Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar. Sejurus usai Anies-Muhaimin mengumumkan akronim menjadi pasangan Amin, keduanya langsung bergerak menyosialisasikan diri dari daerah ke daerah dan komunitas ke komunitas. 

Sementara PDIP dan PPP yang sudah mengusung Ganjar Pranowo sebagai capres juga langsung tancap gas memantapkan pembahasan cawapres. Beberapa kali sudah partai koalisi pendukung Ganjar bertemu bulan ini untuk mematangkan pembahasan soal cawapres. Figur-figur yang beredar dan dipertimbangkan tak berbeda sebagaimana pernah disampaikan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto antara lain Sandiaga Uno, Ridwan Kamil, Mahfud MD, Tuan Guru Bajang, Mahfud MD.

Namun dua nama yakni Ridwan Kamil dan Mahfud MD memang belakangan menjadi pusat perhatian lantaran belum lama ini bertemu dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. PDIP sendiri mengatakan bahwa pertemuan Megawati dengan Ridwan Kamil tidak sekadar soal bahas cawapres melainkan juga soal Monumen Soekarno yang sedang dibangun di Bandung dan groundbreaking-nya dilakukan pada masa Ridwan Kamil 'Kang Emil' Gubernur Jabar sebelum lengser baru-baru ini.

Tak berbeda dengan koalisi lain, bakal capres Prabowo Subianto tak lama lagi akan mengumumkan cawapres. Prabowo masih ditengarai kuat masih menjadikan Menteri BUMN Erick Thohir menjadi cawapres prioritas. Apalagi PAN sebagai salah satu partai politik anggota Kolisi Indonesia Maju terus mendorong agar Erick yang dianggap punya kedekatan dengan Nahdlatul Ulama (NU) dan akan bisa membantu mengerek elektoral kalangan nahdliyin. Hanya belum lama ini, Prabowo juga bertemu dengan Yenny Wahid, putri kandung Gus Dur yang walaupun sesama kalangan NU, punya kubu politik yang tak sama dengan Muhaimin Iskandar.

Membaca arah kecenderungan politik pilpres, lembaga survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) yang merilis hasil survei yang dilakukan melalui telepon pada 5-8 September 2023. Dalam survei ini, SMRC sudah langsung memasangkan simulasi pasangan capres-cawapres bertolak dari deklarasi pasangan Amin.