Logo Bloomberg Technoz

Ekonomi Melambat, China Kembali Pangkas GWM 25 Bps

News
14 September 2023 20:40

China Mempersiapkan Perayaan Hari Nasional ke-57 (Sumber: Bloomberg)
China Mempersiapkan Perayaan Hari Nasional ke-57 (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg News

Bloomberg, Bank sentral China atau People’s Bank of China kembali memangkas giro wajib minimum (GWM) bank, untuk kedua kalinya pada tahun ini. Kebijakan ini akan membantu perbankan mendorong tingkat pengeluaran pemerintah guna menyokong perekonomian yang tengah melambat di Negeri Tirai Bambu tersebut.

PBOC menurunkan GWM untuk sebagian besar bank sebesar 25 basis poin, menurut sebuah pernyataan Kamis, waktu setempat. Rasio GWM rata-rata tertimbang untuk bank-bank akan menjadi 7,4% pasca penurunan ini.

Kebijakan terbaru bank sentral China berlaku mulai Jumat dan diharapkan meningkatkan kapasitas pinjaman bank serta mampu “memfasilitasi stimulus fiskal,” terutama lewat penerbitan obligasi pemerintah daerah, kata Duncan Wrigley, kepala ekonom China dari Pantheon Macroeconomics.

Pemerintah-pemerintah daerah di China bergegas untuk menerbitkan obligasi “khusus”. Hasil penerbitan surat utang akan digunakan terutama untuk membiayai proyek-proyek infrastruktur sebelum tenggat waktu bulan September.