Logo Bloomberg Technoz

Bos Freeport: Smelter Manyar Sudah 78%, Pasti Kelar Tepat Waktu

Sultan Ibnu Affan
14 September 2023 17:30

Menteri ESDM Arifin Tasrif bersama Presdir PT Freeport Indonesia Toni Wenas di Smelter Manyar, Gresik. (Dok. Kementerian ESDM)
Menteri ESDM Arifin Tasrif bersama Presdir PT Freeport Indonesia Toni Wenas di Smelter Manyar, Gresik. (Dok. Kementerian ESDM)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Presiden Direktur PT Freeport Indonesia  (PTFI) Tony Wenas mengatakan progres proyek smelter milik perusahaan yang dibangun di Manyar, Gresik, Jawa Timur telah mencapai 78% per Agustus 2023.

Dia pun optimistis pabrik katoda tembaga terbesar di dunia itu bakal beroperasi penuh pada Mei 2024, sesuai dengan syarat izin usaha pertambangan khusus (IUPK).

"Progresnya per Agustus sudah 78%. Kami yakin Mei 2024 selesai, sudah mulai bisa beroperasi," ujar Tony saat wawancara bersama Bloomberg Technoz, Kamis (114/9/2023).

Tony mengatakan, total investasi smelter tersebut hingga akhir tahun ini juga diproyeksi mencapai US$2,7 miliar atau setara Rp41,4 triliun.

Smelter Manyar merupakan fasilitas pemurnian dan pengolahan konsentrat tembaga kedua milik PTFI yang tengah dibangun di Kawasan Java Integrated Industrial Estate (JIIPE), Gresik, Jawa Timur dengan luas total sekitar 100 hektare (ha).