Logo Bloomberg Technoz

Aksi beli terlihat di pasar surat utang dengan yield SUN 10 tahun melandai ke 6,63%. Mayoritas obligasi negara menjadi sasaran pembelian hari ini dengan penurunan tingkat imbal hasil, setelah kemarin mengalami tekanan penurunan harga.

Rupiah esok akan menanti gelar perdana lelang Sertifikat Rupiah Bank Indonesia (SRBI) yang dijadwalkan akan digelar pada Jumat esok, 15 September.

Lelang SRBI perdana diperkirakan akan menggaet nilai emisi antara Rp10 triliun hingga Rp20 triliun dengan bunga diskonto ditawarkan di kisaran 6,3%-6,5% atau setara dengan tingkat JIBOR 1 bulan atau yield INDOGB 10 tahun.

Esok juga akan ada rilis data neraca perdagangan RI oleh Badan Pusat Statistik di mana pasar memprediksi ekspor Indonesia akan terkontraksi atau tumbuh negatif -226%, lebih dalam ketimbang kontraksi bulan lalu sebesar -18,03%.

Selain itu para pemodal di pasar global juga akan memantau pengumuman tingkat bunga European Central Bank nanti malam. Ada potensi dolar AS kembali perkasa apabila ECB memutuskan menahan kenaikan bunga nanti malam, menurut prediksi Maybank seperti dilansir oleh Bloomberg News. Konsensus pasar yang dirangkum oleh Bloomberg memperkirakan ECB akan menahan tingkat ECB Deposit Facility Rate tetap di 3,75%.

(rui)

No more pages