Logo Bloomberg Technoz

Desa 'Devisa' Wedani Mampu Hasilkan Ratusan Kain Tenun Tiap Hari

Pramesti Regita Cindy
14 September 2023 11:40

Pengurus Koperasi Giri Nata, Desa Wedani Ariyatin (Bloomberg Technoz/Pramesti Regita)
Pengurus Koperasi Giri Nata, Desa Wedani Ariyatin (Bloomberg Technoz/Pramesti Regita)

Bloomberg Technoz, Gresik - Bila bicara mengenai salah satu sentra penghasil tenun terbaik di Indonesia, Desa Wedani bisa jadin salah satunya. Desa ini bahkan ditetapkan sebagai status Desa Devisa oleh Lembaga Pembiyayaan Ekspor Indonesia (LPEI), Kementerian Keuangan (Kemenkeu). 

LPEI sendiri dibentuk bertujuan untuk mendukung program ekspor nasional melalui Pembiayaan Ekspor Nasional (PEN) dalam bentuk Pembiayaan, Penjaminan dan Asuransi, serta Jasa Konsultasi. 

Tak hanya itu LPEI juga turut sebagai Special Mission Vehicle (SMV) Kemenkeu yang juga dapat menjalankan penugasan khusus ekspor (PKE) atau national interest account (NIA) yang diberikan pemerintah untuk menyediakan pembiayaan ekspor atas transaksi atau proyek yang secara komersial sulit dilaksanakan, 
tetapi dianggap perlu oleh Pemerintah untuk menunjang kebijakan atau program ekspor nasional. 

Dalam hal ini, Desa Wedani di Kecamatan Cerme, Kabupaten Gresik, Jawa Timur terpilih untuk melakukan kolaborasi tersebut. 

"Desa devisa ini salah satu bentuk kolaborasi yang baik antara Pemda Kemenkeu yang sudah di dampingi lebih dulu lewat klinik ekspor dan LPIE yang bantu akses pasar," ujar Fungsional Ahli Bidang Jasa Konsultasi LPEI R.  Gerald Grisanto S dalam kunjungannya ke Desa Wedani, Gresik, Jawa Timur, Rabu sore (13/9/2023). 


Pengrajin Turun-temurun