Logo Bloomberg Technoz

Rute dan Panduan Menuju Stasiun Kereta Cepat Jakarta Bandung

Dovana Hasiana
14 September 2023 10:50

Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB). (DOK. KCIC)
Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB). (DOK. KCIC)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Akses menuju stasiun-stasiun Kereta Cepat Jakarta Bandung terus dibangun. Perlu diketahui, megaproyek yang disebut sebagai kereta cepat pertama di Asia Tenggara memiliki 4 stasiun, yakni Halim, Karawang, Padalarang dan Tegalluar. 

Juru Bicara Kementerian Perhubungan, Adita Irawati mengatakan Stasiun Halim bisa diakses melalui dua rute bagi calon penumpang yang menggunakan kendaraan pribadi, yakni melalui tol dan jalan DI Panjaitan. 

“Bisa diakses menggunakan kendaraan pribadi maupun juga kendaraan umum lewat jalan tol dan DI Panjaitan,” ujar Adita saat ditemui di Stasiun Halim KCJB, Rabu (13/9/2023). 

Adita tidak membeberkan nama tol yang dimaksud. Namun, berdasarkan akun Instagram resmi KCJB, nantinya flyover Jalan Akses Kereta Cepat Halim Perdanakusumah dan Exit Tol KM 1+842 menjadi akses masyarakat dari seluruh penjuru Jakarta.

Jalan Akses Kereta Cepat Halim Perdanakusumah menjadi kolaborasi antara PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) sebagai operator KCJB dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Sementara untuk Exit Tol 1+842 adalah kerjasama KCIC dan Jasa Marga.