Logo Bloomberg Technoz

Emiten Anthoni Salim META Kongsi dengan ADHI & ACST di Bisnis Tol

Mis Fransiska Dewi
14 September 2023 08:00

Presiden Direktur dan CEO PT Indofood CBP Sukses Makmur, Anthoni Salim. (Yuriko Nakao/Bloomberg)
Presiden Direktur dan CEO PT Indofood CBP Sukses Makmur, Anthoni Salim. (Yuriko Nakao/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Emiten yang terafiliasi dengan Anthoni Salim, PT Nusantara Infrastructure Tbk. (META) menjalankan kongsi bisnis bersama PT Acset Indonusa Tbk (ACST), dan PT Adhi Karya (Persero) Tbk (ADHI). Kongsi dilakukan melalui anak usaha META, yakni PT Marga Metro Nusantara (MMN), untuk kemudian mendirikan perusahaan patungan bernama PT Jakarta Metro Ekspressway (JKTMetro).

Adapun pemegang saham JKTMetro terdiri atas MMN yang memiliki 22.865 lembar saham atau senilai Rp22,86 miliar. Jumlah tersebut setara dengan 85% dari modal disetor dan ditempatkan JKTMetro. 

Sementara itu, ADHI memiliki 2.690 lembar saham senilai Rp2,69 miliar atau setara 10% dari modal disetor dan ditempatkan pada JKTMetro. Sedangkan ACST memiliki 1.345 lembar saham atau senilai Rp1,34 miliar. Jumlah ini setara 5% dari modal yang disetor. 

Corporate Secretary PT Nusantara Infrastructure Tbk Dahlia Evawani menjelaskan,  JKTMetro bergerak dalam bidang pengusahaan jalan tol, yang meliputi pendanaan, perencanaan teknik, pelaksanaan konstruksi, pengoperasian dan pemeliharaan jalan tol. "Keikutsertaan MMN dalam pendirian JKTMetro adalah sebagai bagian dari strategi perseroan untuk mendukung dalam pembangunan dan percepatan infrastruktur di Indonesia," ujarnya dalam keterbukaan informasi, dikutip Kamis (14/9/2023).

Ia menambahkan, pendirian JKTMetro tidak berdampak secara material terhadap kegiatan operasional, hukum, kelangsungan usaha, dan kondisi keuangan Perseroan saat ini.