Logo Bloomberg Technoz

Warga Rempang Akan Direlokasi ke Batam dan Pulau Galang 

Mis Fransiska Dewi
13 September 2023 21:30

Demo tolak Relokasi Rempang. (Tangkapan Layar via video postingan X @SolidRempang)
Demo tolak Relokasi Rempang. (Tangkapan Layar via video postingan X @SolidRempang)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Warga Pulau Rempang, Batam, Kepulauan Riau yang terdampak proyek Rempang Eco City akan direlokasi ke Pulau Galang. Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam (BP Batam) mengklaim sudah menyiapkan lahan seluas 500 hektar untuk pembangunan pemukiman dan fasilitas pendukung lainnya.

"Tempat relokasinya untuk permanennya di pulau sebelahnya, di Pulau Galang," kata anggota bidang Kebijakan Strategis BP Batam, Enoh Suharto Pranoto saat ditemui, Rabu (13/9/2023).

Di Pulau Galang, kata dia, setiap kepala keluarga akan mendapatkan tanah masing-masing seluas 500 meter persegi. Pada tiap lokasi tersebut, tiap keluarga akan mendapat pembiayaan untuk membangun rumah tipe 45. Biaya yang ditanggung pemerintah sebesar Rp120 juta per keluarga.

Pada lokasi baru ini, pemerintah juga berjanji akan membangun sejumlah fasilitas sosial dan fasilitas umum. Hal ini termasuk pembangunan jalan raya, pemasangan instalasi air, pemasangan instalasi listrik, dan lainnya.

Pemerintah juga akan membangun fasilitas kesehatan seperti puskesmas dan klinik kesehatan. Pemerintah juga bertanggung jawab untuk membangun sekolah, pasar, hingga dermaga untuk keperluan keluarga yang sebagian besar berprofesi nelayan.