Logo Bloomberg Technoz

Korban Tewas Akibat Badai di Libya Ada yang Belum Teridentifikasi

News
13 September 2023 20:10

Ilustrasi Badai di Libya. (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi Badai di Libya. (Sumber: Bloomberg)

Hatem Mohareb dan Tarek El-Tablawy - Bloomberg News

Bloomberg, Bantuan dari negara tetangga dan sekutu Libya mulai mengalir beberapa hari setelah badai dahsyat melanda pantai timur laut negara tersebut. Setidaknya 2.300 orang dilaporkan tewas, dan 10.000 lainnya hilang.

Derna, yang terkena dampak paling parah dari badai Daniel, diguyur oleh banjir setelah yang menyapu bangunan-bangunan dan lingkungan sekitar setelah dua bendungan jebol. Pejabat di bagian timur negara anggota OPEC yang terpecah itu mengatakan tingkat air telah mencapai lantai empat atau lima di beberapa bangunan.

Besarnya kerusakan dan sulitnya upaya penyelamatan dan bantuan serupa dengan apa yang terjadi di Maroko. Lebih dari 2.900 orang tewas dalam gempa bumi terkuat yang melanda negara Afrika Utara itu selama lebih dari satu abad.

Namun, tantangan yang dihadapi Libya semakin rumit karena perpecahan politik yang berkepanjangan. Pemerintahan saling bersaing di bagian barat dan timur negara tersebut. Meskipun memiliki kekayaan minyak, Libya mengalami kekurangan investasi dalam infrastruktur dan layanan sosial.