Logo Bloomberg Technoz

Adapun yang diuji dalam laboratorium ini meliputi produksi CPO dan turunannya, Pengujian produk Narkotika Psikotropika dan Prekusor (NPP), hingga berperan aktif sebagai narasumber atau pengajar dalam teknik sampling dan drops survei identifikasi contoh uji di lapangan.

Di Indonesia sendiri sudah ada tiga lab bea cukai untuk seluruh cakupan wilayah masing-masing seperti Jakarta, Medan dan Surbaya. Namun, Surabaya adalah yang terbesar karena memiliki satuan pelayanan laboratorium yang beroprasi hingga menjangkau ke daerah timur Indonesia serta telah terakreditasi ISO/IIEC 17025:2017.

"Satuan pelayanan laboratorium yang telah beroperasi di segala lokasi. Balikpapan Banjarmasin, Kotabaru, Sampit, dan seterusnya," Kata Henny. 

Henny mengatakan bahwa beberapa negara di Asia Tenggara telah melakukan studi banding untuk percontohan laboratorium bea cukai. "Jadi kalau ingin membangun laboratorium studi bandingnya di kami," jelasnya. 

"Kalau secara ringkas barang-barang komoditi yang teman-teman tidak mengetahui kandungan materinya [apakah terbuat dari plastik atau karet apa terbuat dari aluminium] mereka menyampaikan ke kami untuk dilakukan uji laboratorium, dari situ bisa diidentifikasi barang ini terbuat dari apa," ringkasnya.

 

(prc/ggq)

No more pages