Logo Bloomberg Technoz

Wacana Satgas Transformasi Digital Mencuat di Tengah Isu TikTok

Mis Fransiska Dewi
12 September 2023 21:30

Ilustrasi media sosial. (Photo by Tracy Le Blanc via pexels)
Ilustrasi media sosial. (Photo by Tracy Le Blanc via pexels)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengungkapkan bahwa Presiden Joko Widodo telah menyiapkan satuan tugas (satgas) transformasi digital. Satgas tersebut dipimpin oleh menteri sekretaris negara (mensesneg). 

“Kemarin kami sudah rapat bersama. Kamis ini pun kami bertemu dengan menteri investasi, menteri perdagangan akan merumuskan usulan-usulan termasuk revisi Permendag 50 tahun 2020 sudah ada kami sinergi,” ucap Teten usai Rapat Kerja dengan Komisi VI di Kompleks DPR, Selasa (12/9/2023). 

Teten mengungkapkan, dalam pembahasan satgas tersebut nantinya akan ada enam pilar yang diatur dalam transfromasi digital. Ekonomi digital, kata Teten, tidak hanya e-commerce saja di antaranya ada sektor keuangan, media, logistik, dan infrastruktur. 

“Jadi kami mau atur national policy. Dan benchmark yang mau kami pakai selain China ya Singapura yang sudah bagus. Intinya Indonesia belum punya aturan nasional mengenai digital ekonomi, yang ada hanya peraturan perdagangan. Tapi  kami sudah sepakat dengan Kemendag sebentar lagi akan keluar,” ucapnya. 

Transformasi digital, kata Teten, merupakan hal yang tak terhindarkan karena pengaruhnya ke perekonomian negara sangat besar. Dia mencontohkan China menjadi negara maju karena transformasi digitalnya sangat tepat. China berhasil melakukan akselerasi digital melahirkan ekonomi baru dan melindungi pasar domestik dengan ketat.