Logo Bloomberg Technoz

Harga yang ditetapkan mengalami kenaikan US$100 lebih mahal, kata analis, untuk model Pro. Rumor kenaikan masih tergantung pada rilis resmi Apple. Berdasarkan laporan Wall Street Journal Apple diperkirakan tidak akan mengungkapkan jenis perangkat hardware baru.

iPhone masih menjadi produk paling laris Apple, meski perusahaan selalu berusaha mendiversifikasi produk yang ditawarkan dalam beberapa tahun terakhir. iPhone menyumbang setengah dari pendapatan Apple.

Namun catatan iPhone mengalami tren penurunan. Diharapkan dengan iPhone 15 bisnis smartphone Apple akan membaik. Tercatat pada kuartal terakhir, seperti laporan perusahaan pada 1 Juli pendapatan perusahaan turun 2,4% menjadi US$39,7 miliar. Catatan kinerja yang jauh dibawah ekspektasi para analis.

Perkiraan gambar iPhone 15. (Dok: Apple Insider)

Perusahaan kini menghadapi tekanan dari China, tepat sepakan sebelum jadwal rilis iPhone 15. Beijing melakukan pembatasan penggunaan iPhone dan perangkat dari luar China lain, kepada staf di lingkungan kementerian dan perusahaan negara.

Ini menjadi tantangan, sebab bisa memicu penurunan kinerja penjualan untuk pasar terbesar ketiga dunia tersebut, sekaligus mengganjal upaya rebound pasar iPhone di China. Kabar pembatasan pemakaian iPhone dilaporkan pertama oleh Wall Street Journal.

Ini masih ditambah rilisnya smartphone terbaru Huawei, dan akan menjadi rival serius iPhone 15 pada segmen perangkat kelas atas di mana Apple mendominasi dalam beberapa waktu terakhir. Kedua katalis ini membuat pandangan bisnis Apple di China tidak sepenuhnya cerah.

Pada gelaran Apple Wonderlust, iPhone akan mengenalkan konektor USB-C dengan meninggalkan Lightning—yang telah dipakai sejak 2012, pada iPhone 5. USB-C menjadikan iPhone sejajar dengan produk smartphone Android lain.

USB-C juga menjadi bentuk kepatuhan pada aturan Uni Eropa. Sebelumnya Apple menentang aturan ini namun lambat laun menjinak, dengan klaim USB-C menjadi cara perusahaan meningkatkan pendapatan. Tahun lalu, VP senior marketing global Apple, Greg Joswiak, mengatakan, “tentu kami harus mematuhinya.”

Toko Ritel Apple Inc. (Dok: Bloomberg)

iPhone 15 menggunakan cip baru, rumor kuat mengatakan. Cip berukuran 3nm yang dirancang langsung oleh tim insinyur Apple dan diproduksi oleh Taiwan Semiconductor Manufacturing. Dengan cip terbaru kinerja smartphone terbaru iPhone akan lebih cepat namun efisien.

Tidak hanya cip baru, Apple juga akan mengenalkan antarmuka Dynamic Island, dan kamera belakang 48 megapiksel (MP). Kemudian, rangka didesain ulang dengan material titanium—bukan baja tahan karat. Hal yang menyebabkan bezel lebih tipis dibandingkan rilisan iPhone tahun lalu.

Segala pemutakhiran fitur ini, termasuk cip 3nm, dikabarkan hanya ada di model Pro, sedangkan non-Pro masih menggunakan prosesor A16 Bionic, seperti tahun lalu. Sementara tata letak tombol pada iPhone 15 juga akan disesuaikan dan berpeluang menghadirkan tombol aksi sebagai pengganti tombol ‘mute’. Jika terjadi, ‘Action Button’ menjadi yang pertama kali sejak 2007.

Pada posisi terakhir saham Apple bergerak naik 0,6% ke level US$179,26. Pada posisi sepanjang tahun Apple telah naik 43,4%, namun dalam sepekan perusahaan masih mencatatkan penurunan 4,7%. 

(wep/roy)

No more pages