Logo Bloomberg Technoz

Jokowi Perintahkan Bulog Operasi Pasar: Kita Segera Guyur Beras

Angga Indrawan
12 September 2023 18:30

Pedagang beras melayani pembeli di Pejaten, Senin (11/9/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Pedagang beras melayani pembeli di Pejaten, Senin (11/9/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo mengakui harga beras di sejumlah pasar tradisional masih terbilang tinggi. Hal itu disampaikan Jokowi saat meninjau Pasar Kranggot, Cilegon, Banten, Selasa (12/9/2023).

Jokowi menjanjikan bakal segera melakukan operasi pasar ke ritel-ritel, hingga pasar Cipinang untuk mengendalikan harga beras. Jokowi memastiskan bahwa langkah itu akan dilakukan Badan Pangan Nasional (Bapanas) dan Badan Urusan Logistik (Bulog).

“Bulog juga melakukan operasi pasar ke ritel-ritel ke Cipinang semuanya akan diguyur beras secara masif. Kita berharap dengan itu harga beras akan mulai turun,” kata Jokowi dalam keterangannya, Selasa (12/9/2023).

Selain itu, Jokowi menambahkan, pemerintah juga telah memulai penyaluran bantuan pangan beras sebanyak 10 kilogram kepada 21,3 juta keluarga penerima manfaat (KPM) hingga November mendatang.

Saat melakukan peninjauan di Pasar Kranggot, Jokowi mengakui bahwa harga bahan pangan di sana sangat baik. Jokowi menuturkan harga bahan pangan lain seperti cabai juga relatif baik bahkan mengalami penurunan.