Logo Bloomberg Technoz

Di Atas Target, Pemerintah Ambil Utang Rp9 T dari Lelang Sukuk

Ruisa Khoiriyah
12 September 2023 15:44

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Di luar perhitungan, animo pemodal dalam lelang sukuk negara hari ini terlihat lebih tinggi di tengah tekanan aksi jual di pasar surat utang dalam beberapa hari terakhir.

Nilai permintaan yang masuk dalam lelang Surat Berharga Negara Syariah (SBSN) yang digelar hari ini mencapai Rp31,33 triliun, jauh lebih besar dibandingkan lelang sukuk terakhir yang membukukan animo sekitar Rp21,28 triliun. 

Nilai permintaan yang masuk dalam lelang sukuk negara itu juga melampaui animo dalam lelang SUN pekan lalu yang hanya membukukan permintaan Rp20 triliun, terendah sejak awal tahun.

Kenaikan minat pelaku pasar itu berlangsung di tengah tekanan aksi jual di pasar surat utang domestik yang tersulut oleh kekhawatiran pemodal jelang pengumuman data inflasi Amerika dan sinyal hawkish terbaru dari Bank of Japan, yang menyeret pelemahan nilai tukar rupiah hari ini.

Melihat animo yang cukup besar, agaknya mendorong pemerintah menyerap permintaan lebih besar hingga Rp9 triliun, melampaui target indikatif yang ditentukan sebelumnya yaitu Rp6 triliun.