Logo Bloomberg Technoz

Kresna Group Akan Jual Kresna AM yang Didenda OJK Rp1,8 M

Mis Fransiska Dewi
12 September 2023 14:44

Asuransi Kresna Life. (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Asuransi Kresna Life. (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Quantum Clovera Investama Tbk (KREN) akan menjual atau divestasi sejumlah aset miliknya. Manajemen perusahaan yang tergabung dalam Kresna Group ini berdalih, divestasi dilakukan dengan alasan operasional dan strategi untuk membuat perusahaan lebih fokus di bisnis digital dan teknologi.

Rencana divestasi itu terungkap dalam pengumuman pemanggilan rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) per 18 Agustus 2023. Dalam pengumuman ini disebutkan, salah satu agenda dalam rapat adalah, permohonan untuk melakukan divestasi berbagai investasi saham yang dimiliki perusahaan secara bertahap.

Aset investasi yang akan dilepas tidak terbatas pada perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang lembaga jasa keuangan pasar modal. Artinya, tidak menutup kemungkinan perusahaan milik Michael Steven ini akan melepas PT Kresna Asset Management (KAM) atau Kresna AM dan PT Kresna Sekuritas.

"Divestasi akan dilakukan kepada investor baru dalam rangka memperbaiki struktur keuangan serta kelangsungan operasional perseroan," tulis manajemen dalam penjelasan mata acara RUPSLB.

Namun, setelah melalui tanya jawab dengan Bursa Efek Indonesia (BEI), KREN mengubah agenda rapatnya kemarin, Senin (11/9/2023). Rencana permohonan restu divestasi dihilangkan, sehingga mata acara hanya tersisa soal perubahan alamat dan susunan pengurus.