Logo Bloomberg Technoz

Wamenag Nilai Kemuculan Ganjar Tak Ganggu Esensi Azan

Dovana Hasiana
12 September 2023 16:10

Ganjar Pranowo. (Tangkapan layar via Instagram @ganjar_pranowo)
Ganjar Pranowo. (Tangkapan layar via Instagram @ganjar_pranowo)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Wakil Menteri Agama (Wamenag) Saiful Rahmat Dasuki mengomentari soal munculnya figur bakal calon presiden (capres) Ganjar Pranowo di siaran stasiun televisi swasta. Saiful mengatakan, selama tak mengganggu makna azan seharusnya tak menjadi masalah namun demikian dia mengatakan agar tak ada kampanye politik identitas di pemilu mendatang.

"Azan itu kan apa ya bagian dari syiar aja kecuali kalau memang identitasnya itu memisahkan aku A anda B itu tidak boleh, atribut. Itu kan hanya bagian dari apa ya ritual yang wajar peringatan hari-hari," kata Saiful Rammat Dasuki di Jakarta, Selasa (12/9/2023).

Namun menurut dia muncul dalam tayangan azan belum berarti politik identitas.

"Kalau menurut saya enggak," kata dia lagi.

Sebelumnya munculnya Ganjar Pranowo di tayangan azan di stasiun televisi swasta RCTI memicu pro dan kontra. Dalam tayangan azan setiap hari itu Ganjar muncul dalam cuplikan salat berjamaah. Hal ini kemudian disorot. Diketahui RCTI merupakan salah satu stasiun televisi swasta MNC Group yang dimiliki Harry Tanoesoedibjo, pemimpin Partai Persatuan Indonesia (Perindo). Partai itu satu koalisi dengan PDI Perjuangan dan PPP yang mengusung Ganjar sebagai bakal capres.