Logo Bloomberg Technoz

Grup Migas Terbesar China Ingin Tambah Investasi di Indonesia

Sultan Ibnu Affan
12 September 2023 16:20

PetroChina (Sumber: Bloomberg)
PetroChina (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta – China National Petroleum Corporation (CNPC), perusahaan induk dari PetroChina International Jabung Ltd. (PCJL), tertarik untuk mengembangkan lebih banyak peluang bisnis sektor hulu migas di Indonesia.

Terkait dengan itu, salah satu grup migas terintegrasi terbesar di dunia itu menemui Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) pada Senin (11/9/2023).

Dalam kesempatan itu, CNPC memuji kerja sama di sektor energi di Indonesia selama 20 tahun terakhir. "Kami siap meningkatkan lebih banyak peluang bisnis di masa depan," ujar Presiden Direktur CNPC Dai Houliang dalam siaran pers SKK Migas, Selasa (12/9/2023).

Sebagai anak perusahaan CNPC, PetroChina sendiri telah mengoperasikan Blok Jabung sejak 2002 dan baru-baru ini mendapatkan perpanjangan kontrak untuk jangka waktu 2023—2043.

Melalui konsep Belt and Road Initiative, Dai mengatakan CNPC juga akan memperluas kerja sama dalam eksplorasi dan pengembangan migas, pengembangan energi baru, dan berbagi pencapaian teknologi.