Logo Bloomberg Technoz

Jeritan Para Penjual Tanah Abang: Offline Sepi, Online Dilarang

Andrean Kristianto
12 September 2023 13:40

Suasana area Pasar Tanah Abang Blok G di Pasar Tanah Abang, Jakarta, Selasa (11/7/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Suasana area Pasar Tanah Abang Blok G di Pasar Tanah Abang, Jakarta, Selasa (11/7/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Para penjual pakaian atau barang-barang kebutuhan rumah tangga di Tanah Abang mengeluhkan sepinya pembeli dagangan milik mereka. Untuk itu mereka memutar otak dengan berjualan secara online.

Akan tetapi langkah mereka untuk berjualan online juga tidak membantu mereka untuk mendapatkan untung. Ditambah langkah pemerintah yang ingin melarang penjualan lewat TikTok.

“Kondisinya saat ini offline juga sepi dan kita jualan online juga sepi. Kita juga pusing ini mau gimana lagi,” ujar salah satu pedagang di Tanah Abang saat berbincang, Selasa (12/9/2023).

Mereka juga heran dengan keputusan pemerintah yang ingin melarang jualan di TikTok. “Kenapa rakyat kecil selalu disusahkan ya. Kalau begini kita cari makan di mana lagi,” tambahnya.

Untuk membantu para pedagang, pihak gedung menyediakan fasilitas untuk berjualan online. Mereka menyediakan model dan alat untuk merekam.