Logo Bloomberg Technoz

Serapan beras yang memadai diperlukan sebagai bentuk antisipasi peningkatan permintaan jelang Bulan Ramadan dan Idulitri.

Indeks Bulanan Rumah Tangga CIPS menunjukkan, pada Januari 2023, harga rata-rata GKP di tingkat petani adalah Rp 5.837 per kg atau naik 16,52%. Rata-rata harga GKP di tingkat pengupas Rp 5.973 per kg atau naik 16,72% dibandingkan harga padi mutu sejenis pada Januari 2022.  Sementara itu, rata-rata harga GKG di tingkat petani mencapai Rp 6.501 per kg atau naik 20,63%. 

Secara terpisah, Direktur Utama Bulog Budi Waseso menyebut pihaknya sampai dengan saat ini masih menunggu besaran HPP dari pemerintah untuk persiapan penyerapan produksi petani lokal yang akan dimulai pada 2023. Bulog menargetkan penyerapan beras dari petani lokal sebanyak 2,4 juta ton hingga akhir tahun ini.

"Masih dalam pembahasan, baik Menteri Keuangan maupun Bapanas [Badan Pangan Nasional]. Nanti juga akan kita perhitungkan, kenaikan [harga] BBM, kenaikan [harga] pupuk, dan lain-lain. Ini pasti ada penyesuaian," katanya saat ditemui di Polda Banten, Serang, Jumat (10/2/2023).

(rez/bbn)

No more pages