Logo Bloomberg Technoz

Merger XL-Fren Kian Kongkrit, Sudah Bertemu dengan Menkominfo

Sultan Ibnu Affan
12 September 2023 13:10

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi. (Dok:Dovana Hasiana/Bloomberg Technoz)
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi. (Dok:Dovana Hasiana/Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Sinyal Merger antara PT Smartfren Telecom Tbk (FREN) dan PT XL Axiata Tbk (EXCL) kian kuat. Ini setelah keduanya melakukan pertemuan bersama pihak Kementerian Komunikasi dan Informasi (Menkominfo).

Informasi pertemuan itu diungkapkan oleh Direktur Jenderal Informasi & Komunikasi Publik (Dirjen IKP) Kominfo, Usman Kasong. Ia membenarkan jika sudah ada pertemuan antara pihak XL Axiata dan Smartfren dengan Menkominfo Budi Arie Setiadi. 

"Sudah ada pembicaraan mengenai merger. Mereka masing-masing sudah bicara dengan Menkominfo. Yang saya tahu, pihak Smartfren sudah ketemu dengan menkominfo, pihak satunya lagi juga sudah," kata Usman belum lama ini.

Usman mengatkan, kedua pihak FREN dan EXCL tersebut terkait dengan rencana merger. Selain itu, mergernya kedua perusahaan juga disebut ditujukan untuk menghindari monopoli pasar, agar industri persaingan pasar telekomunikasi menjadi lebih sehat.

Pada hari ini, Menteri Kominfo (Menkominfo) Budi Arie Setiadi kembali mengkonfirmasi kabar tersebut. Ia telah melakukan pertemuan bersama pihak Smartfren dan XL Axiata.