Logo Bloomberg Technoz

Hampir Semua Beras Impor Bulog Sudah Tiba di Indonesia

Rezha Hadyan
11 February 2023 12:52

Ilustrasii beras BULOG. (Dimas Ardian/Bloomberg)
Ilustrasii beras BULOG. (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Serang - Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) menyatakan sebagian besar beras impor sudah tiba di Tanah Air. Bulog sebagai pihak yang memasukkan beras, mengaku, langkah ini bertujuan untuk mengatasi krisis Cadangan Beras Pemerintah (CBP).

Sekretaris Perusahaan Bulog Awaludin Iqbal menyebut sebagian besar beras impor tersebut sudah masuk ke gudang. Hanya sebagian kecil yang masih dalam perjalanan menuju Tanah Air menggunakan kapal muatan curah (bulk carrier).

“Sisanya [yang belum tiba di Indonesia] sebanyak 30.000 ton. Sebagian besar sudah masuk gudang. Faktor cuaca, perjalanan dan bongkar muat jadi terkendala,” katanya ketika ditemui di Polda Banten usai konferensi pers penangkapan pelaku penyelewengan beras Bulog, Jumat (10/2/2023).

Diketahui pemerintah melalui Bulog mengimpor 500.000 ton beras untuk memenuhi cadangan beras pemerintah (CBP). Beras tersebut didatangkan dari sejumlah negara, meliputi Pakistan, Vietnam, Thailand, dan Vietnam.

Menurut Iqbal, kendala utama yang dihadapi oleh Bulog dalam proses distribusi beras tersebut adalah cuaca. Seperti diketahui, saat ini Indonesia sudah memasuki musim penghujan.