Logo Bloomberg Technoz

"Dalam satu hari, setiap pesawat melakukan empat kali sorti di beberapa wilayah di Jakarta, antara lain Jakarta Pusat, Jakarta Timur dan Jakarta Utara," kata Abdul.

Upaya tersebut mulai memberikan dampak yang  signifikan dimana terjadi penurunan nilai polutan PM 2.5 berdasarkan iqair.com, sehingga langit di wilayah Jakarta mulai terlihat bersih dan berwarna biru. Sinar matahari pun mulai terlihat jelas.

"BNPB akan terus melakukan upaya pengurangan polusi di Jakarta hingga beberapa hari ke depan dan dengan menyesuaikan kondisi yang diperlukan," ujar Abdul.

Berdasarkan situs IQAir, pada pukul 12.30 WIB, indeks kualitas udara Kota Jakarta tercatat pada angka 105. Tingkat kepekatan polutan utama yaitu partikulat atau PM2.5 tercatat 37 mikrogram per meter kubik atau 7,4 kali dari standar badan kesehatan dunia (WHO).

Sebelumnya, AQI kota Jakarta selalu berada di atas 150 atau kategori tak sehat untuk seluruh masyarakat. Bahkan, beberapa lokasi mencatatkan indeks di atas 200 atau sangat tidak sehat.

Selama beberapa pekan terakhir, tingkat kepekatan PM2.5 juga berada pada kisaran 90-100 mikrogram per meter kubik. Angka ini setara belasan kali di atas standar WHO. Secara kasat mata, langit jakarta pun nampak berwarna kelabu dengan jarak pandang sangat pendek.

(frg/ezr)

No more pages