Logo Bloomberg Technoz

Sampai kini tidak ada petunjuk Apple akan mengumumkan komputer canggih terbarunya tersebut. Namun Bloomberg News melaporkan bahwa Apple tengah memperluas pengujian atas cip M3 mereka.

Perkiraan desain Mac baru Apple. (Dok: macrumors)

Di antara model-model baru tersebut adalah MacBook Air 13 inci, MacBook Pro 13 inci, iMac, dan Mac mini —seluruhnya dengan cip baru. Ragam perangkat ini diperkirakan akan diumumkan pada bulan Oktober atau November.

Analis Ming-Chi Kuo dalam catatannya belum lama telah mengklaim Apple tidak akan meluncurkan MacBook baru di 2023. Versi perangkat desktop atau iMac yang akan diperbarui dengan M3 akhir tahun ini. Bahkan kemungkinan MacBook M3 juga tidak akan tiba hingga 2024.

iPad baru

Terakhir kali iPad dirilis apda Oktober 2022, kala itu Apple memperkenalkan versi pro dengan cip M2. Sebelumnya ada iPad Air 5 yang rilis Maret 2022 namun masih menggunakan cip M1. Satu tahun sebelumnya perusahaan merilis iPad mini versi peningkatan fitur.

Meskipun Apple biasa mengumumkan iPad baru saat perilisan iPhone di masa lalu, hal ini mungkin tidak akan terjadi tahun ini. Apple dilaporkan masih mengerjakan proyek mendesain ulang pada iPad pro terbaru mereka. Beberapa laporan menyebut perangkat ini juga tidak akan diumumkan hingga tahun depan.

Terdapat pula iPad Air terbaru yang sedang dikerjakan, meski kolumnis Bloomberg, Mark Gurman baru-baru ini mengatakan kepada MacRumors bahwa iPad Air berpeluang akan diumumkan diperkirakan akan diumumkan pada bulan Oktober.

AirPods 2, AirPods 3, dan AirPods Max dengan USB-C

Dengan perubahan konektor pada iPhone 15 menjadi USB-C dan bukan Lightning, Apple akan fokus pada port tersebut besok. Meski rumor muncul USB-C juga akan hadir pada AirPods Pro 2. Hal yang dimaksudkan untuk menyelaraskan konektor dengan perangkat smartphone baru.

Namun peluang rilis AirPod dengan USB-C pada Apple Wonderlust sangat kecil. Beberapa sumber menunjukkan bahwa AirPods 2, AirPods 3, dan AirPods Max mungkin tidak akan mendapatkan versi USB-C hingga tahun 2024, dilaporkan 9to5Mac. Belum diketahui pula apakah Apple akan memperbarui EarPod berkabel dengan konektor USB-C.

Pemilik AirPods Pro 2 saat ini dapat memanfaatkan manfaat USB-C dengan membeli casing pengisi daya baru, yang dijual secara terpisah.

Pengumuman hadirnya USB-C pada program unggulan Apple dapat menjadi penanda bahwa para fans perlu menunggu waktu lebih lama, seperti lazimnya perusahaan. Namun patut dinanti seluruh perangkat —  iPhone 15, iPhone 15 Plus, iPhone 15 Pro, iPhone 15 Pro Max, Apple Watch Series 9, Apple Watch Ultra 2, dan AirPods Pro baru— akan menggunakan konektor USB-C sebagai upaya membuka pasar internasional lebih luas, khususnya di benua Eropa.

(wep/roy)

No more pages