Logo Bloomberg Technoz

Sentimen dari China Buka Peluang IHSG Lanjutkan Penguatan

Muhammad Julian Fadli
12 September 2023 08:35

Papan pergerakan harga saham (IHSG) di Bursa Efek Indonesia. (Dimas Ardian/Bloomberg)
Papan pergerakan harga saham (IHSG) di Bursa Efek Indonesia. (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini Selasa 12 September 2023 berpotensi bergerak di zona hijau, dengan melanjutkan penguatan dalam tren optimis searah dengan sejumlah sentimen yang mendukung. Setelah pada kemarin, Senin IHSG menguat 0,56%, dengan menutup perdagangan pada level 6.963.

Secara teknikal IHSG berpotensi menguat hari ini, dengan menuju area resistance pada trendline garis putih pada area level 6.990–7.010. Dengan support IHSG pada area level 6.935. Dan support kedua pada 6.910.

Analisis Teknikal IHSG Hari Ini Selasa 12 September (Bloomberg)

Adapun jika IHSG melaju dengan tekanan beli yang tinggi, berpotensi melanjutkan penguatan menuju resistance selanjutnya pada area level 7.044.

Sentimen pada perdagangan hari ini datang dari regional, serta dalam negeri. Tekanan deflasi China berhasil mereda dan data yang dirilis pada pekan ini kemungkinan akan mencerminkan peningkatan permintaan kredit di negara tersebut. Hal ini menambah deretan tanda-tanda baru bahwa ekonomi negara tersebut sedang stabil.

Seperti yang diwartakan Bloomberg News, Inflasi China meningkat pada Agustus, meskipun hanya sedikit, setelah mengalami penurunan pada Juli, sementara penurunan harga dasar di tingkat produsen (factory gate price) makin melandai.