Logo Bloomberg Technoz

Moderna Gaet Bioteknologi Jerman Kembangkan Vaksin Kanker

News
11 September 2023 20:00

Lambang Moderna. (Sumber: Bloomberg).
Lambang Moderna. (Sumber: Bloomberg).

Robert Langreth - Bloomberg News

Bloomberg, Moderna Inc. setuju membayar hingga US$1,8 (Rp27 triliun) kepada perusahaan bioteknologi Jerman, Immatics NV dalam kerja sama multi-tahun dalam pengembangan terapi kanker yang menggunakan messenger RNA (mRNA) dan teknologi lainnya.

Dalam pernyataan yang dirilis, Senin (11/9/2023), Moderna akan membayar Immatics US$120 juta (Rp1,8 triliun) di muka dan US$1,7 miliar (Rp26 triliun) jika tujuan tertentu mereka tercapai. Kedua perusahaan ini akan bekerja sama dalam berbagai produk, termasuk antibodi yang diproduksi melalui mRNA, vaksin kanker, dan produk terapi sel, sebagian besar di antaranya belum diuji pada manusia.

Moderna telah mencari cara baru untuk menggunakan teknolgi mRNA dengan cepat menghasilkan vaksin yang efektif melawan virus corona. Selanjutnya kanker menjadi salah satu aplikasi potensial yang paling menjanjikan, dan perusahaan ini sudah bekerja sama dengan Merck & Co. dalam pengembangan vaksin kanker personalisasi untuk melanoma dan tumor lainnya, tetapi pengujian bisa memakan waktu bertahun-tahun untuk diselesaikan.

Kerja sama dengan Immatics menawarkan sejumlah peluang bagi Moderna untuk menemukan aplikasi baru untuk asetnya. Menurut perwakilan kedua perusahaan, salah satu bagian dari kerja sama, Moderna akan menciptakan vaksin berbasis mRNA untuk memperkuat produk terapi sel anti-kanker Immatics, yang disebut IMA203, yang sedang diuji pada manusia pada tahap awal. Jika penggabungan tersebut terjadi, Immatics akan memimpin uji coba tahap awalnya.