Logo Bloomberg Technoz

Kim diperkirakan akan melakukan perjalanan ke Vladivostok minggu ini untuk bertemu dengan Putin selama Forum Ekonomi Timur (Eastern Economic Forum/EEF) tahunan, yang dimulai pada hari Minggu dan berlangsung hingga Rabu.

Kremlin telah mengatakan bahwa Putin akan berada di Vladivostok awal pekan ini tetapi belum menyebutkan kunjungan Kim. Putin mengatakan bahwa dia ingin membangun hubungan yang lebih kuat dengan Korea Utara "di semua bidang" dalam pesan yang menandai peringatan 75 tahun pendirian negara tersebut akhir pekan lalu.

Putin dan Kim mengadakan pertemuan resmi pertama mereka pada April 2019. Meskipun pertemuan tahun 2019 membahas kegagalan perundingan pelucutan senjata nuklir antara Korea Utara dan Amerika Serikat, kunjungan yang akan datang kemungkinan akan dipengaruhi oleh invasi Rusia ke Ukraina. Sumber mengatakan diskusi akan difokuskan pada pengembangan kerja sama antara kedua negara tersebut.

Amerika Serikat selama beberapa bulan telah menuduh Korea Utara menyuplai amunisi untuk membantu perang Putin di Ukraina, namun disangkal oleh Moskow dan Pyongyang. Amerika Serikat mengatakan lagi pekan lalu bahwa perundingan senjata antara Rusia dan Korea Utara "sedang berkembang dengan aktif."

Barang yang paling jelas yang dimiliki Pyongyang dan dibutuhkan oleh Moskow adalah peluru artileri dan roket yang dapat digunakan oleh Moskow dalam persenjataan era Soviet yang telah diaktifkan di Ukraina.

Korea Utara memiliki salah satu persediaan amunisi terbesar di dunia, yang dibutuhkan oleh Rusia karena stok peluru artileri mereka yang terbatas. Amerika Serikat mengatakan bahwa pasokan apapun tidak akan mengubah jalannya perang.

Kim mungkin juga mencari bantuan makanan serta teknologi untuk membantu negaranya membangun kapal selam bertenaga nuklir dan mengerahkan satelit mata-mata. Uang tunai juga akan sangat membantu ekonomi Korea Utara yang sangat kecil, yang diperkirakan lebih kecil sekarang dibandingkan saat Kim mengambil alih kekuasaan sepuluh tahun yang lalu, dan memiliki cadangan mata uang asing yang sangat sedikit.

--Dengan asistensi dari Shinhye Kang.

(bbn)

No more pages