Logo Bloomberg Technoz

Kim Jong Un Dikabarkan Telah Berangkat ke Rusia Bertemu Putin

News
11 September 2023 18:30

Pertemuan Presiden Korea Utara Kim Jong Un dengan Presiden Rusia Vladimir Putin. Fotografer: Andrey Rudakov/Bloomberg
Pertemuan Presiden Korea Utara Kim Jong Un dengan Presiden Rusia Vladimir Putin. Fotografer: Andrey Rudakov/Bloomberg

Sangmi Cha dan Jon Herskovitz - Bloomberg News

Bloomberg, Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un diketahui telah berangkat ke Rusia menggunakan kereta lapis baja miliknya yang mewah. Dilaporkan media Korea Selatan, perjalanan tersebut dilakukan menjelang pertemuan dengan Presiden Vladimir Putin di Vladivostok yang kabarnya akan membahas terkait transfer senjata untuk membantu mesin perang Kremlin.

Dilaporkan stasiun TV Kabel YTN yang mengutip seorang pejabat pemerintah Korea Selatan, kereta pribadi Kim terlihat bergerak perlahan menuju wilayah perbatasan timur laut. Pejabat itu mengatakan Kim mungkin akan mengadakan pertemuan dengan Putin pada hari Rabu (13/9/2023). Surat kabar Dong-A Ilbo juga melaporkan bahwa kereta tersebut menuju ke Rusia dan diperkirakan akan melewati perbatasan pada dini hari Selasa.

Korea Utara dan Rusia memiliki jalur kereta api di perbatasan mereka, dan dari sana jaraknya sekitar 150 kilometer ke Vladivostok. Perjalanan ini akan menjadi perjalanan pertama Kim di luar Semenanjung Korea sejak ia terakhir bertemu Putin empat tahun lalu di Vladivostok.

Kereta Kim bergerak dengan kecepatan yang lambat, dengan perjalanan kereta api terakhirnya ke kota timur Rusia tersebut memakan sekitar 20 jam untuk mencapai tujuannya.