Logo Bloomberg Technoz

Mendag soal Bakal Larang TikTok Shop: Sedang Dibahas

Dovana Hasiana
11 September 2023 15:57

Ilustrasi perjualan live di platform TikTok Shop. (dok Bloomberg)
Ilustrasi perjualan live di platform TikTok Shop. (dok Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Mendag Zulkifli Hasan mengaku tengah membahas kemungkinan pencabutan izin operasional dari platform dagang-el Tiktok Shop. 

Zulhas tidak membeberkan secara lengkap kemungkinan tersebut, namun hal ini tengah menjadi pembahasan untuk mengatur perdagangan di platform dagang-el. 

“Ini lagi dibahas,” ujar Zulhas usai membuka kegiatan Diseminasi Perizinan Berusaha di Bidang Perlindungan Konsumen dan Tata Tertib Niaga, di Jakarta, Senin (11/9/2023). 

Menurutnya, perdagangan di platform dagang-el memang harus diatur. Sebab, banyak pelaku usaha mulai dari sektor pakaian (fashion), kecantikan (beauty) hingga usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) telah melaporkan kepada Kemendag ihwal banyak produk impor yang menguasai pasar domestik. 

Upaya perlindungan terhadap pelaku usaha di dalam negeri pun akan diwujudkan melalui revisi Permendag No 50 tahun 2020 tentang Ketentuan Perizinan Usaha, Periklanan, Pembinaan, Dan Pengawasan Pelaku Usaha Dalam Perdagangan Melalui Sistem Elektronik.