Logo Bloomberg Technoz

Ramsay Darby Jual RS Rp23 T, Mitra Keluarga Masuk Daftar Pembeli

News
11 September 2023 15:30

Ilustrasi rumah sakit. (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi rumah sakit. (Sumber: Bloomberg)

Elffie Chew dan Manuel Baigorri - Bloomberg News

Bloomberg, Operator rumah sakit swasta terbesar di Australia Ramsay Health Care Ltd., dan konglomerat Malaysia Sime Darby Bhd., telah memilih kandidat calon pembeli rumah sakit mereka. Menurut sumber yang mengetahui masalah tersebut, kesepakatan itu dapat mencapai US$1,5 miliar atau setara Rp23 triliun.

Sumber mengatakan grup rumah sakit yang didukung oleh TPG Inc., Columbia Asia Sdn., dan Sunway Medical Centre, sebuah unit dari Sunway Bhd. yang terdaftar di Kuala Lumpur, terpilih untuk melanjutkan ke putaran penawaran berikutnya. Macquarie Asset Management dan PT Mitra Keluarga Karyasehat juga termasuk dalam para calon pembeli yang terpilih.

Bloomberg News melaporkan sebelumnya, para penjual mengundang sejumlah perusahaan perawatan kesehatan dan perusahaan ekuitas swasta untuk mengajukan penawaran non-binding pada akhir Agustus. Kembalinya kesepakatan ini setelah diskusi dengan IHH Healthcare Bhd. yang terdaftar di bursa Kuala Lumpur gagal tahun lalu. Pihak-pihak tersebut tidak dapat mencapai kesepakatan mengikat untuk penjualan unit rumah sakit.

Para penjual mengundang beberapa perusahaan perawatan kesehatan dan perusahaan ekuitas swasta untuk mengajukan penawaran non-binding untuk unit ini pada akhir Agustus, demikian dilaporkan oleh Bloomberg News. Kembalinya kesepakatan ini setelah pembicaraan dengan IHH Healthcare Bhd. yang terdaftar di Kuala Lumpur gagal pada tahun lalu. Pihak-pihak tersebut tidak dapat mencapai kesepakatan mengikat (binding agreement) untuk penjualan unit rumah sakit.