Logo Bloomberg Technoz

Profil Michael Steven, Bos Kresna Group yang Berseteru dengan OJK

Dityasa Hanin Forddanta
11 September 2023 08:25

Michael Steven, pemilik sekaligus pendiri Kresna Group. (Dok. PT Wahana Mediatama)
Michael Steven, pemilik sekaligus pendiri Kresna Group. (Dok. PT Wahana Mediatama)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Isu yang datang dari Kresna Group belum berakhir. Usai pencabutan izin usaha salah satu entitas, PT Asuransi Jiwa Kresna atau Kresna Life, petinggi grup bisnis ini justru berseteru dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Ialah Michael Steven, pemilik sekaligus pendiri Kresna Group. Mengutip berbagai sumber, ia mendirikan perusahaannya ini pada 1991. Barulah pada 1999, PT Kresna Graha Investama Tbk (KREN), sebuah investment bank tradisional yang bergerak di bidang investment management, securities brokerage, dan underwriting, berdiri.

Di tahun 2015, Michael Steven memimpin inisiatif untuk mendiversifikasi KREN dengan membentuk divisi inkubator bisnis teknologi rintisan, yang bernama Kresna Creativentures. Divisi ini telah menjadi mesin pertumbuhan KREN dengan berbagai investasi yang sukses di bidang teknologi keuangan dan digital.

Michael Steven lahir di Jakarta pada 1963. Ia merupakan lulusan MBA bidang corporate finance & banking dari Golden Gate University, San Fransisco. Ia mendapatkan gelarnya ini 1988.

Micheal memulai karier profesionalnya di perusahaan wealth management, Brody, Walsh, & Brody di San Fransisco. Kariernya di sini ia jalani sejak 1988 hingga 1992. Jabatan terakhirnya adalah chief operating officer merangkap marketing director.