Logo Bloomberg Technoz

OJK Bicara IFC Masuk Bukopin & 40% Transaksi Digital Ada di RI

Mis Fransiska Dewi
11 September 2023 07:05

Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Dian Ediana Rae. (Tangkapan Layar Youtube Jasa Keuangan)
Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Dian Ediana Rae. (Tangkapan Layar Youtube Jasa Keuangan)

Bloomberg Technoz, Jakarta - International Finance Corporation (IFC), lembaga keuangan yang terafiliasi dengan Bank Dunia, dikabarkan akan mengakuisisi PT Bank KB Bukopin Tbk (BBKP). Berdasarkan informasi di pasar, IFC akan masuk dengan membeli porsi kepemilikan STIC Eugene Star Holding.

Eugene Star sendiri saat ini memiliki 17% saham BBPKP. Perusahaan merupakan pemegang saham terbesar kedua setelah Kookmin Bank Co., Ltd.. IFC dikabarkan memiliki agenda menjadikan Bukopin sebagai bank digital.

Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK, Dian Ediana Rae merespons rumor tersebut. Ia tidak secara gamblang mengkonfirmasi isu yang beredar, namun pada saat yang bersamaan tak menampik tingginya minat investor asing terhadap bank domestik.

"Untuk Bukopin, dapat disampaikan secara umum kondisi dan kinerja bank terjaga. pada prinsipnya OJK selalu mendorong dan menjaga perbaikan kinerja Bukopin secara berkelanjutan termasuk upaya penguatan permodalan.," jelas Dian dalam keterangan tertulis, dikutip Senin (11/9/2023).

Ia menambahkan, antusiasme investor asing untuk mengakuisisi bank di Indonesia cukup tinggi. Ini karena Indonesia merupakan negara dengan potensi besar, termasuk soal digitalisasi,