Logo Bloomberg Technoz

Dokter Spesialis Lulusan Luar Negeri Kini Bertugas di Raja Ampat

Ezra Sihite
10 September 2023 07:31

Ilustrasi kedokteran dan perawatan kesehatan dengan bantuan teknologi. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi kedokteran dan perawatan kesehatan dengan bantuan teknologi. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Dokter spesialis lulusan luar negeri yang merupakan warga negara Indonesia (WNI) mulai melakukan program adaptasi Dokter Spesialis Lulusan Luar Negeri di RSUD Raja Ampat, Papua Barat Daya. Selain di Raja Ampat, mereka juga melakukan program di berbagai wilayah di Indonesia. Kementerian Kesehatan (Kemeneks) menyatakan bahwa program tersebut kini sudah berjalan selama satu tahun dua bulan.

Proses serah terima program adaptasi Dokter Spesialis Warga Negara Indonesia Lulusan Luar Negeri yang berlangsung di Aula RSUD Raja Ampat Kabupaten Raja Ampat Provinsi Papua Barat Daya dilaksanakan pada 6 september 2023, sebagaimana dikutip dari keterangan resmi Kemenkes pada Sabtu malam (9/9/2023).

Bupati Raja Ampat melalui Sekretaris Dinas Kesehatan, dr Enggel Wader menyatakan menyambut dengan baik kehadiran dokter spesialis penyakit dalam lulusan luar negeri di RSUD Raja Ampat. Menurutnya, adanya tambahan tenaga dokter di Raja Ampat dapat meningkatkan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat secara efektif.

Program adaptasi dokter yang akan dilaksanakan di RSUD Raja Ampat Kabupaten Raja Ampat Provinsi Papua Barat Daya terbilang mudah dan tidak berbelit-belit lantaran menurut Kemenkes, fasilitas yang ada cukup lengkap untuk mendukung pelaksanaan proses adaptasi.

Sementara Ketua Subkomite Pembekalan Komite Bersama Adaptasi Dr Oscar Primadi mengatakan, dokter spesialis yang saat ini ditugaskan di RSUD Raja Ampat merupakan lulusan pendidikan kedokteran luar negeri yang kembali ke Indonesia agar dapat menerapkan bidang ilmunya.