Logo Bloomberg Technoz

Profil Franky Widjaja, Bos Sinarmas yang Jawab Isu Merger Fren-XL

Pramesti Regita Cindy
09 September 2023 17:00

Chairman & CEO Golden Agri Resources, Franky Oesman Widjaja saat Forum Ekonomi Dunia di Myanmar, Jumat (7/6/2013). (Dario Pignatelli/Bloomberg)
Chairman & CEO Golden Agri Resources, Franky Oesman Widjaja saat Forum Ekonomi Dunia di Myanmar, Jumat (7/6/2013). (Dario Pignatelli/Bloomberg)

Bloomberg technoz, Jakarta – Isu penggabungan antara PT XL Axiata Tbk (EXCL) dan PT Smartfren Telecom Tbk (FREN) kembali ramai karena Franky Widjaja angkat suara soal isu tersebut, sehingga kembali menghangat.

Saat ditemui pada acara  Indonesia Sustainability Forum di Jakarta tengah pekan ini, kepada Bloomberg Technoz Franky merespon laporan Bloomberg News pada Selasa (5/9/2023) terkait merger tersebut, "Insya Allah. Kita  berdoa supaya yang terbaik".

Siapa sebenarnya Franky Widjaja? Pria berusia 65 tahun ini bernama lengkap Franky Oesman Widjaja. Franky Widjaja adalah anak dari mendiang pendiri Sinar Mas Group, Eka Tjipta Widjaja. Eka merupakan pendiri grup Sinarmas, yang berkecimpung di banyak bidang bisnis.

Dalam kesehariannya mengurusi bisnis Golden Agri Resources, sub holding milik Sinarmas yang membawahi bisnis minyak kelapa sawit dan olahan sawit. GAR merupakan salah satu perusahaan terbesar di industri. Jabatan yang ia emban adalah Chairman dan CEO GAR.

Franky juga merupakan Komisaris Utama PT Sinar Mas Agro Resources and Technology Tbk (SMAR) sejak diangkat dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada 15 Juli 2020. Franky dalam organisasi perkumpulan pengusaha, Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN), menduduki posisi Wakil Ketua Umum Koordinator bidang Perekonomian.