Logo Bloomberg Technoz

2 Menteri Jokowi Solid Adang TikTok & Misteri Klausul Permendag

Whery Enggo Prayogi
09 September 2023 14:30

TikTok. (Dok: Bloomberg)
TikTok. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg, Sepanjang pekan ini TikTok Shop menjadi bahan perbincangan, setelah dua menteri di kabinet pemerintahan Presiden Jokowi kompak memberi pernyataan yang menyudutkan perusahaan, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan dan Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki.

Suara pro dan kontrak dari publik terdengar lewat media sosial, namun kunci dari isu ini berpulang pada revisi aturan Peraturan Menteri Perdagangan No. 50, yang juga masih menjadi misteri

Sejak awal Agustus disampaikan oleh beberapa wakil pemerintah revisi Permendag No. 50 Tahun 2022 yang mengatur Perizinan Usaha, Periklanan, Pembinaan, dan Pengawasan Pelaku Usaha dalam Perdagangan Media Sistem Elektronik (PPMSE) sudah selesai dirumuskan. Seluruh draf tinggal melewati proses harmonisasi.

Namun, hingga kini belum diketahui isi Permendag tersebut. Salah satu sumber Bloomberg Technoz di lingkungan kementerian menyatakan bahwa pada Rabu (6/9/2023) telah dilakukan harmonisasi. Belum diketahui apakah draf Permendag bersifat final, atau terdapat perubahan.

“Versi update-nya belum rilis,” kata sumber tersebut. Dalam keterangan yang disampaikan Kementerian Koperasi & UKM serta Kementerian Perdagangan menyebut akan ada pembatasan harga atas barang-barang impor yang masuk Indonesia secara langsung (cross border commerce).