Logo Bloomberg Technoz

Yang menjadi masalah lain di tahun ini, Apple akan mengganti port pengisian daya ponsel ke standar USB-C. Hal ini dianggap sebagai sebuah langkah yang dapat meningkatkan kinerja tetapi berpotensi membuat konsumen merasa terganggu. Ini akan menjadi kali kedua port iPhone berubah. Yang terakhir terjadi pada 2012, saat Apple beralih dari konektor iPod 30-pin ke Lightning di iPhone 5.

Berikut hal-hal yang bisa dinantikan dari acara tersebut, berdasarkan laporan Bloomberg dan sumber-sumber yang mengetahui rencana perusahaan:

Ilustrasi iPhone milik Apple Inc. (Dok: Bloomberg)

iPhone:

  • Apple akan melanjutkan pola seperti tahun-tahun sebelumnya dengan merilis empat model: iPhone 15, 15 Plus, 15 Pro, dan yang akan disebut 15 Pro Max (bukan Ultra seperti yang banyak dikabarkan). iPhone 15 dan 15 Plus akan menjadi model dasar, dengan sisi aluminium dan belakang kaca seperti iPhone 14 dan 14 Plus. Sementara itu, dua iPhone kelas atas akan memiliki desain baru dengan mengganti material samping dari baja tahan karat menjadi titanium.
  • iPhone 15 dan 15 Plus akan tetap menggunakan layar 6,1 inci dan 6,7 inci, tetapi layar iPhone 15 Pro dan Pro Max akan tampak sedikit lebih besar. Desain ini merupakan bagian dari perubahan penting pada model pro, yaitu bingkai di sekitar layar yang akan menjadi sekitar sepertiga lebih tipis. Untuk menciptakan bingkai yang lebih tipis, Apple menggunakan proses manufaktur baru yang disebut LIPO, atau low-injection pressure overmolding.
  • Titanium pada ponsel Pro memiliki tampilan brushed dan menggantikan baja yang rentan terhadap sidik jari yang digunakan sejak lini iPhone X. Sumber yang mengetahui informasi tentang perangkat baru ini mengatakan peralihan ke titanium membuat ponsel lebih tahan lama dan sekitar 10% lebih ringan. Perangkat tersebut akan tetap mempertahankan kaca buram di bagian belakang seperti model saat ini, tetapi tepi yang menghubungkan bagian samping dan depannya kini kurang tajam dari sebelumnya.
  • Meskipun sebagian besar ponsel non-Pro akan terlihat seperti model saat ini, mereka akan mendapatkan satu perubahan visual besar. Yaitu Dynamic Island, sebuah interface yang pertama kali ditambahkan ke model iPhone 14 Pro tahun lalu. Hal ini memungkinkan pengguna melihat pemberitahuan (alert) di bagian atas layar.
  • Ponsel kelas atas akan memiliki keunggulan dalam hal kinerja, sesuai dengan pendekatan Apple dalam beberapa tahun terakhir. Model Pro tahun ini akan mendapatkan chip A17 yang lebih cepat yang dibangun dengan proses produksi 3 nanometer yang baru dan memori tambahan. Prosesor ini akan membuat model-model tersebut lebih responsif, tetapi perbaikan terbesar adalah penghematan daya baterai. iPhone 15 dan 15 Plus akan menggunakan chip A16 yang lebih lambat dari ponsel Pro tahun lalu.
  • Model iPhone reguler akan mendapatkan peningkatan kamera yang signifikan, beralih dari sensor kamera utama 12 megapiksel menjadi versi 48 megapiksel. Itu sepadan dengan resolusi kamera utama pada iPhone 14 Pro tahun lalu.
  • Model iPhone 15 Pro akan tetap memiliki tiga kamera, termasuk sensor 48 megapiksel. Ada lensa telefoto dan lensa ultrawide baru dengan megapiksel lebih besar daripada sensor Pro tahun lalu, dan perusahaan berencana untuk menonjolkan peningkatannya sebagai tambahan utama dalam ponsel tahun ini. Peningkatan kamera terbesar akan hadir secara eksklusif untuk iPhone 15 Pro Max, yaitu sistem telefoto yang diperbarui dengan kemampuan zoom perangkat keras yang lebih baik. Ini akan menggandakan kemampuan iPhone untuk memperbesar gambar, dengan lensa fisik itu sendiri dan bukan perangkat software, dari perbesaran 3 kali menjadi sekitar 6 kali.
  • Semua iPhone baru akan mendapatkan semikonduktor ultrawide-band "U2", semikonduktor Apple UWB baru pertama sejak U1 diluncurkan dalam iPhone 11 Pro pada tahun 2019. Komponen baru ini diharapkan akan meningkatkan kemampuan pelacakan lokasi, sehingga orang dan perangkat dapat dilacak dengan lebih akurat dalam aplikasi Find My. Apple berencana untuk menambahkan chip ini ke versi terbaru dari semua produk utamanya.
  • Keempat model baru tersebut juga akan beralih dari Lightning ke USB-C untuk pengisian kabel dan transfer data, tetapi kecepatan transfer yang lebih tinggi akan disediakan hanya untuk model Pro. Semua ponsel akan mendapatkan wreless charging yang lebih cepat.
  • Ponsel Pro akan menggantikan tombol ring/mute untuk pertama kalinya sejak fitur ini diluncurkan dengan iPhone asli pada tahun 2007. Tombol tersebut akan menjadi "Action Button" yang dapat disesuaikan untuk menangani berbagai fungsi, termasuk membungkam telepon, mengaktifkan mode Fokus, menyalakan senter, meluncurkan kamera, memulai perekaman suara, membuka pintasan Siri, menarik kaca pembesar digital, dan membuka pengaturan aksesibilitas.
  • Bagian dalam model iPhone 15 Pro telah didesain ulang sesuai dengan rangka aluminium yang sudah diperbarui dari iPhone 14 biasa (iFixit memiliki daftar perubahan tersebut). Perbaikan ini membuat ponsel lebih mudah diperbaiki.
  • Apple memiliki beberapa warna baru untuk kedua lini ponselnya. Model biasa akan hadir dalam warna merah muda, hitam, putih, biru, dan kuning, sementara ponsel Pro akan hadir dalam warna abu-abu, hitam, biru gelap, dan putih. Perusahaan juga akan berhenti memproduksi casing kulit dan beralih ke bahan yang lebih ramah lingkungan.
Apple Watch. (Dok: Bloomberg)

Apple Watch

  • Perusahaan berencana untuk merilis dua lini yang diperbarui: Apple Watch Series 9, tersedia dalam ukuran saat ini yaitu 41 milimeter dan 45 milimeter, serta generasi kedua Ultra, yang tetap menggunakan ukuran 49 milimeter.
  • Semua Apple Watch baru akan memiliki desain yang mirip dengan model tahun lalu. Ini berarti jam tangan standar akan memiliki desain dasar yang sama dengan Series 4 yang diperkenalkan pada tahun 2018, sementara Ultra tetap mempertahankan tampilan yang diperkenalkan tahun lalu. Namun, perusahaan berencana untuk menggunakan material dan warna baru, termasuk penggunaan logam daur ulang yang lebih banyak dan pilihan Ultra berwarna hitam.
  • Fokus utama Apple Watch tahun ini adalah kinerja, dan perusahaan berencana menonjolkan peningkatan besar dalam kecepatan pemrosesan. Jam tangan tersebut akan mendapatkan chip baru pertama kalinya sejak Series 6 mendapatkan pembaruan prosesor pada tahun 2020.
  • Seperti lini iPhone 15, jam tangan baru ini akan mendapatkan chip ultrawide-band U2 untuk meningkatkan kemampuan Find My.
  • Jam tangan ini juga akan mendapatkan berbagai peningkatan sensor dan komponen internal dengan fokus pada kecepatan, efisiensi, dan akurasi, termasuk versi baru dari sensor detak jantung optik Apple.
  • Perusahaan sedang menguji peralihan ke casing perangkat yang dicetak 3D, dimulai dengan model stainless steel dari Series 9. Apple juga berencana untuk beralih ke proses ini pada Ultra generasi kedua tahun depan. Hal ini dilakukan sebagai dorongan terhadap kampanye ramah lingkungan untuk jam tangan yang direncanakan tahun ini.
  • Sebagai bagian dari upaya tersebut, Apple sedang beralih dari beberapa tali jam tangan berbahan kulit. Tanda-tanda perubahan tersebut sudah mulai muncul. Perusahaan baru-baru ini menurunkan harga hingga 90% pada beberapa tali jam tangan kulitnya dan tali jam tangan merek Hermes di toko karyawan internal. Perusahaan juga telah kehabisan gelang rantai stainless steel dari jam tangan tahun 2015, yang menunjukkan bahwa gelang tersebut entah akhirnya akan diperbarui atau dihentikan.
Airpods. (Sumber: Bloomberg)

Airpods

  • Sebagai bagian dari peralihan ke pengisian daya USB-C pada iPhone, Apple berupaya mengalihkan semua aksesori yang berbasis lightning ke standar baru ini. Salah satu produk pertama dalam daftar tersebut adalah AirPods Pro, yang merupakan salah satu produk terlaris Apple. Perusahaan juga berencana untuk membawa pengisian daya USB-C ke AirPods kelas bawah dan AirPods Max tahun depan.
  • Earbud-earbud tersebut tidak akan mendapatkan fitur hardware baru yang signifikan, tetapi pembaruan perangkat lunak akan menghadirkan peningkatan dalam pemutaran perangkat otomatis, kemampuan untuk melakukan mute dan unmute dari AirPods itu sendiri, dan fitur baru bernama Conversation Awareness yang secara otomatis menyilangkan media ketika orang mulai berbicara kepada pemakai.
  • Apple juga sedang mengerjakan fitur-fitur kesehatan baru untuk AirPods, termasuk pengukuran suhu tubuh dan sistem uji pendengaran baru, tetapi peningkatan-peningkatan tersebut kemungkinan akan dirilis kemudian.

(bbn)

No more pages