Logo Bloomberg Technoz

Link trailer film Jawan: https://www.youtube.com/watch?v=COv52Qyctws

Apa Itu 'Jawan'?

Film bergenre trailer ini menampilkan Khan sebagai seorang prajurit yang romantis, seperti Robin Hood yang melawan politisi korup dan pengusaha. Berlangsung selama hampir tiga jam, film ini menampilkan aksi yang luar biasa dan adegan menyanyi-dan-menari yang merupakan bagian standar dari film Bollywood. Salah satu kritikus di surat kabar Indian Express menyebutnya sebagai "film pop-masala" yang menghadirkan garis cerita "penjaga hukum yang terpaksa melawan para penjahat" yang sudah akrab.

“Yang membuat Jawan berbeda adalah sikap angkuh dan pengetahuan yang luas dalam melawan ‘sistem’ membuatnya berbeda,” tulisnya.

Apakah Ini Film blockbuster terbesar Bollywood?

Film trailer lain yaitu 'Pathaan' yang dirilis tahun 2023 juga memecahkan rekor sinema Hindi dan menandai kembalinya Khan ke layar lebar setelah absen selama lima tahun. Raja sinema India ini tidak pernah mengecewakan, film tersebut telah menghasilkan 570 juta rupee (Rp105 miliar) pada hari pertamanya. Saat ini, film Jawan telah melampui jumlah itu. Media lokal melaporkan bahwa sekitar 30 bioskop layar tunggal di wilayah utara berbahasa Hindi di India yang ditutup selama pandemi dibuka kembali untuk menayangkan Jawan.

Shah Rukh Khan sebelumnya telah membintangi beberapa film tapi kurang sukses, mengatakan dirinya sangat ‘terharu’ dengan sambutan yang luar biasa terhadap film ini.

Siapa Shah Rukh Khan?

Shah Rukh Khan lahir pada tahun 1965 tumbuh besar dalam keluarga Muslim kelas menengah di New Dehli dan pada usia 14 tahun sang ayah yang seorang pengusaha yang berjuang melawan pemerintahan Inggris dan berasal dari Pakistan Utara meninggal dunia, meninggalkan ibu yang seorang hakim untuk merawat Khan dan kakak perempuannya yang lebih tua.

Setelah tampil dalam iklan televisi pada tahun 1980-an, Khan meraih ketenaran lebih luas setelah memerankan sosok pria muda yang memiliki hati lembut dalam sejumlah film romantis pada tahun 1990-an, termasuk Dilwale Dulhania Le Jayenge dan Kuch Kuch Hota Hai. 

Sejak itu, dia telah tampil dalam hampir 100 film dan sekarang menjadi seorang pengusaha besar, yang memiliki rumah produksi dan tim kriket Indian Premier League. Khan telah menggunakan ketenarannya untuk menyampaikan keprihatinan tentang meningkatnya iklim intoleransi di India, dan seperti banyak aktor utama Bollywood yang bersifat kosmopolitan dan Muslim, Khan dan keluarganya telah menghadapi tekanan dan pelecehan dari kelompok nasionalis Hindu garis keras, termasuk anggota Partai Bharatiya Janata Perdana Menteri Narendra Modi.

Seberapa besar daya tarik Shah Rukh Khan?

Sementara aktor lain seumur Khan telah digeser atau menjadi aktor peran pendukung, pria berusia 57 tahun ini tetap dipilih menjadi pemeran utama di Bollywood. Para penggemar terlihat selalu berkumpul di depan rumahnya di pesisir Mumbai setiap hari dengan harapan dapat melihat idolanya. Rumah leluhurnya di kota Pakistan, Peshawar, juga menarik para wisatawan.

Buku non-fiksi yang baru-baru ini diterbitkan oleh ekonom Shrayana Bhattacharya berjudul "Desperately Seeking Shah Rukh" mengkaji daya tarik besar Khan dan film-filmnya untuk menekankan hambatan-hambatan yang dihadapi perempuan di India. Kepopulerannya meluas tak hanya di India berkat perannya sebagai diaspora Asia Selatan yang besar dan dia bahkan memiliki banyak anggrek yang dinamai atas namanya di Singapura.

(bbn)

No more pages