Logo Bloomberg Technoz

Gerak FREN dan EXCL Usai Franky Widjaja Jawab Isu Merger

Muhammad Julian Fadli
08 September 2023 11:15

Ilustrasi Smartfren. (Dok. Smartfren)
Ilustrasi Smartfren. (Dok. Smartfren)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Setelah pernyataan petinggi Sinar Mas Group, Franky Oesman Widjaja terkait rencana penggabungan atau merger yang belum ada kepastian lebih lanjut, saham PT Smartfren Telecom Tbk (FREN) dengan PT XL Axiata Tbk (EXCL) mengalami pelemahan pada perdagangan pagi hari ini.

Saham FREN drop 2 poin atau setara dengan kontraksi 3,45% ke posisi Rp56/saham dibandingkan harga penutupan kemarin, Rp58/saham. Saham FREN ditransaksikan senilai Rp3,59 miliar pada perdagangan Jumat (8/9/2023) dengan jumlah frekuensi 1.962 kali.

Pergerakan Saham FREN Jumat (8/9/2023) (Bloomberg)

Senada, saham EXCL juga turun 40 poin atau 1,75% ke posisi Rp2.240/saham. EXCL telah ditransaksikan dengan nilai Rp40,86 miliar. Setelah EXCL pada perdagangan kemarin juga mencetak kontraksi yang begitu dalam mencapai 8,06% pada penutupan sore hari. 

Adapun pergerakan di zona merah kedua saham tersebut ditengarai efek dari petinggi Sinar Mas Group yang belum dapat menjawab lebih lanjut soal isu penggabungan atau merger antara XL Axiata (EXCL) dan Smartfren Telecom (FREN).

Pergerakan Saham EXCL Jumat (8/9/2023) (Bloomberg)

Franky Oesman Widjaja alias Franky Widjaja yang buka suara soal isu yang kembali menghangat tersebut, juga merupakan anak dari pendiri Sinar Mas, Eka Tjipta Widjaja, tak menampik adanya rencana itu. Ia justru berharap aksi korporasi itu bisa terwujud.