Logo Bloomberg Technoz

Seluruh hasil penjualan diberikan kepada teman lama Mercury, Mary Austin, yang mewarisi rumah di London dan banyak barang milik Freddie Mercury. Sebagian dari hasilnya akan disumbangkan ke Mercury Phoenix Trust dan Elton John AIDS Foundation.

Ketika penjualan ini diumumkan, Austin merilis sebuah pernyataan. “Selama bertahun-tahun, saya telah merasakan kegembiraan dan kehormatan, hidup dikelilingi oleh segala hal indah yang dicari dan sangat dicintai oleh Freddie. Tapi tahun-tahun telah berlalu, dan saatnya bagi saya untuk mengambil keputusan sulit untuk menutup bab yang sangat istimewa dalam hidup saya,” ujarnya.

Antrean Panjang

Ada indikasi awal bahwa penjualan malam itu akan sukses. Sejak pameran barang-barang milik Mercury dibuka pada awal Agustus, sekitar 140.000 orang mengantri secara melingkar di sekitar gedung Sotheby's London - untuk mengunjungi markas besar Sotheby's.

"Saya cukup beruntung dapat membiarkan masyarakat pertama kali masuk ke galeri," kata Williams.

"Salah satu wanita datang mengenakan versi jaket panah ikonik [Mercury], yang dia jahit sendiri hanya dengan mengandalkan gambar yang buram. Membiarkannya berdiri di depan benda asli itu ... dia sampai tidak bisa bicara," tambahnya.

Koleksi pakaian Freddie Mercury. (Sumber: Bloomberg)

Pengunjung yang hadir juga sangat banyak. Sotheby's membuka penawaran online sebelum lelang kecuali penjualan malam. Menurut perwakilan Sotheby, lebih dari 19.000 penawaran telah ditempatkan di lima penjualan tersebut, dan situs rumah lelang tersebut telah dikunjungi oleh lebih dari 600.000 pengunjung yang unik.

"yang merupakan pemandangan yang belum pernah kami lihat sebelumnya dan mungkin tidak akan pernah kami lihat lagi," kata Williams.

Semua itu "langsung berubah menjadi penawaran sungguhan," katanya.

Pada Rabu malam, pengunjung yang hadir sangat banyak: Sekitar 2.000 orang mendaftar untuk menawar sebelum penjualan dimulai. "Seperti yang sudah dibayangkan, pengunjung datang berdasarkan tiket, dan kami telah menyiapkan ruangan khusus untuk menampung mereka di Bond Street," kata Williams.

Jam dan telepon yang digunakan Freddie Mercury. (Sumber: Bloomberg)

Penonton tampaknya sudah tahu apa yang harus dilakukan. Sebelum lelang dimulai, seluruh ruangan, termasuk para spesialis rumah lelang yang mengenakan jas hitam, mengetuk-ngetuk tangan mereka mengikuti lagu Queen 'We Will Rock You'. Pada satu titik dalam penjualan, juru lelang sempat menghentikan proses dan meminta seorang penawar untuk berdiri dan menunjukkan kepada kerumunan jaket bergambar "panah" miliknya.

Penawaran Serius

Menurut penjelasan Williams, meskipun penonton terlihat meriah, penawaran berlangsung dengan serius dengan cepat. Seperti biasanya dalam penjualan harta warisan selebriti, penilaian didasarkan "sesuai dengan nilai pasar dalam situasi saat ini", yang berarti bahwa banyak penilaian pada saat itu (terutama jika dilihat dari perspektif sekarang) terlalu rendah. Sebuah kimono yang pernah dikenakan Mercury di atas panggung diperkirakan seharga £6.000 hingga £9.000 terjual seharga £57.150; sebuah vas Lalique biru perkiraan harga £10.000 dan terjual seharga £82.550. Sebuah layar besar berdiri diperkirakan seharga £12.000 dan terjual seharga £190.500. (Perkiraan tidak termasuk biaya lelang yang disebut sebagai premium pembeli, tetapi totalnya termasuk.)

Kolektor bernama Min Zhu. (Sumber: Bloomberg)

Salah satu penawar paling aktif adalah seorang wanita yang pada saat diwawancara diketahui bernama Min Zhu, yang merupakan seorang penyokong seni dan pemilik perusahaan IT. Zhu pernah menawar dan memenangkan, patung Diana (£88.900), vas Daum (£45.720), dan layar seharga £190.500. Sebagai pecinta Queen, Zhu mengaku telah menonton film Bohemian Rhapsody dua kali.

"Saya suka lelang, mereka seperti permainan," kata dia melalui seorang penerjemah.

Zhu mengatakan dia juga menawar pada cetakan Miró, yang pada saat lelang berlangsung diturunkan dari podium untuk diperlihatkan lebih dekat selama penjualan; dia bersedia menawar hingga £60.000 tetapi akhirnya terjual, dengan seharga £88.900.

"Saya akan menawar lebih banyak lot," kata Zhu.

"Tapi saya tahu ada penggemar lain di ruangan yang ingin memiliki bagian dari Queen dan Freddie Mercury," tambahnya.

Penawaran berjalan dengan lancar untuk beberapa objek, tetapi ruangan akan menjadi riuh setiap kali sebuah benda yang mengacu pada Mercury dilelang. Kadang-kadang, penawaran begitu sengit sehingga layar televisi di ruangan lelang memiliki tampilan seperti mesin slot Las Vegas, dengan harga yang terus naik. Pada satu titik, juru lelang Oliver Barker memanggil nomor dengan begitu cepatnya sehingga dia berhenti, tertawa, dan berkata: "Ini seperti bingo di sini."

Proses lelang barang-barang Freddie Mercury. (Sumber: Bloomberg)

Setelah penawaran agresif dari orang-orang di dalam ruangan, di telepon, dan online, gelang ular perak yang pernah dikenakan Mercury dalam video musik (perkiraan tertinggi: £9.000) terjual dengan luar biasa seharga £698.500. Demikian pula, penawaran draf lirik Bohemian Rhapsody yang ditandatangi dibuka dengan angka £500.000 dan diperikaran akan laku sebesar £1,2 juta. Lirik tersebut bertuliskan judul awal lagu "Mongolian Rhapsody." Sejumlah penawar yang tekun akhirnya mendorong harganya hingga mencapai total £1,38 juta.

Kemudian ada jubah dan mahkota Mercury, yang dikenakannya dari awal hingga akhir konser 'Magic Tour' yang telah menghasilkan foto ikonik dalam kariernya. Barang tersebut memiliki perkiraan harga sebesar £60.000 hingga £80.000, tetapi karena minat begitu besar sehingga dalam beberapa menit harganya telah naik menjadi £300.000. Pakaiannya akhirnya dilelang seharga £500.000, totalnya mencapai £635.000.

Piano Freddie Mercury. (Sumber: Bloomberg)

Namun, barang yang menjadi bintang dalam lelang tersebut adalah piano grand Yamaha yang disebut oleh Sotheby's sebagai "Alat musik yang digunakan untuk menggubah beberapa lagu terbesar pada abad ke-20." Dengan perkiraan laku diharga £2 juta hingga £3 juta, penawaran dimulai hanya dari £40.000. Penawaran beragam, tetapi meskipun antusiasme yang meluas, harga akhirnya hanya £1,74 juta tidak sesuai dengan perkiraan.   

Penjualan malam itu ditandai oleh perkiraan yang relatif tinggi yang ditetapkan untuk lukisan serius dan objek dekoratif, beberapa di antaranya tidak sesuai dengan selera kontemporer. Sebuah lukisan oleh Eugen von Blaas yang menampilkan seorang wanita memegang bunga mawar diperkirakan hingga £70.000 hingga £90.000 dan gagal terjual setelah tampaknya tidak menarik satu penawar pun. Pada akhir penjualan, Sotheby's "membuka kembali" lot tersebut dan seseorang membelinya seharga £69.850. Dan sebuah lemari buku dari kayu kingwood yang dilapisi emas dari sekitar tahun 1900 diperkirakan seharga £30.000 hingga £50.000 dan, setelah penawaran yang lemah, terjual hanya seharga £25.400.

Catatan Terakhir

Lot terakhir malam itu adalah, (sebelum lukisan yang tidak terjual ditawarkan lagi) mungkin adalah yang paling pribadi: sebuah arsip yang berisi 265 foto, terutama dari tahun 1980-an, yang menunjukkan Mercury bermain-main dan bersantai di rumah bersama teman-teman dan keluarga.

Dari catatan disebutkan bahwa foto-foto tersebut dijual hanya untuk penggunaan pribadi; pembeli tidak akan memiliki hak untuk menggandakan gambar-gambar tersebut atau menggunakannya untuk keperluan komersial. Pembeli lot ini, dengan kata lain, akan membelinya hanya untuk dinikmati. Arsip foto ini memiliki perkiraan tertinggi sebesar £7.000, dan penawaran sengit segera terjadi. Foto-foto itu akhirnya terjual seharga £88.900.

Ruangan pun dipenuhi dengan tepuk tangan saat saat palu lelang diturunkan. Barker berterima kasih kepada orang-orang yang sudah hadir. "Kami akan masuk ke lot terakhir, dan kemudian musik akan bermain dengan sangat keras," katanya.

(bbn)

No more pages