Logo Bloomberg Technoz

Lelang Barang Peninggalan Freddie Mercury Laku Rp233 M

News
07 September 2023 17:50

Piano Freddie Mercury dilelang. (Sumber: Bloomberg)
Piano Freddie Mercury dilelang. (Sumber: Bloomberg)

Kate Krader and James Tarmy - Bloomberg News

Bloomberg, Freddie Mercury sekali lagi menggetarkan hati para pada Rabu (6/9/2023) malam di Sotheby's, London, ketika barang-barang warisan mendiang penyanyi utama Queen ini melampaui perkiraan tertinggi sebesar £7,2 juta (Rp137 miliar) menjadi total £12,2 juta (Rp233 miliar). Para pengikut lelang yang datang membuat suasana meriah dengan sorakan dan tepuk tangan. Banyak dari mereka yang hadir mengenakan pakaian seperti Freddie Mercury. Seorang pria yang berhasil memendapatkan mahkota dan jubah terkenal milik Freddie seharga £635.000 (Rp12 miliar) melompat sembari mengepalkan kedua tangannya ke atas sebagai tanda kemenenangan.

"Tamu yang hadir terhadap seluruh koleksi ini sungguh fenomenal," kata spesialis Sotheby's Thomas Williams yang berbicara sebelum penjualan. 

"Apa yang benar-benar dinikmati oleh para penggemar adalah mengenal sisi pribadi kehidupan Freddie: seni yang dia koleksi, dan apa yang objek-objek ini tunjukkan tentang Freddie dan bagaimana dia hidup dan apa yang menjadi passion-nya di belakang layar,” tambahnya.

Sebanyak 59 lot yang dilelang pada Rabu (6/9) adalah bagian dari serangkaian enam lelang yang akan diadakan oleh Sotheby's pada bulan September. Menurut Williams, secara total, rumah lelang tersebut akan mencoba menjual 1.406 lot yang mencakup sekitar 30.000 objek unik. Perkiraan sebelum penjualan sebesar £7,6 juta (Rp145 miliar) hingga £11,3 juta (Rp215 miliar) sudah terlampaui hanya pada lelang pertama.