Logo Bloomberg Technoz

Anggota Kaukus Kebebasan DPR yang konservatif mengatakan bahwa mereka tidak takut akan terjadinya shutdown.

Anggota Partai Republik dari Texas, Chip Roy, pada Senin (4/9/2023), mengatakan di platform medsos X bahwa RUU sementara tanpa pemotongan program yang ditentang oleh kaum konservatif tidak akan berhasil. Dia mencantumkan "persenjataan" Departemen Kehakiman dan "kebobrokan" di Departemen Pertahanan di antara keberatan mereka.

Meskipun sebagian besar pengamat melihat sedikit risiko resesi, shutdown akan menghantam ekonomi pada saat yang rentan ini. Pertumbuhan pekerjaan AS melemah selama musim panas, pemogokan besar-besaran di sektor otomotif akan terjadi akhir bulan ini dan belanja konsumen diperkirakan akan melemah karena pembayaran pinjaman mahasiswa akan dilanjutkan pada bulan Oktober.

Shutdown dan gangguan yang diakibatkannya menimbulkan risiko bagi presiden dan pemerintahannya, terutama jika hal ini melemahkan ekonomi menjelang tahun pemilihan ulang. Namun, shutdown yang dipicu oleh Partai Republik sebelumnya telah merusak posisi partai tersebut di mata para pemilih, dan Gedung Putih telah menggunakan ancaman shutdown sebagai salah satu cara lain untuk menuding GOP sebagai ekstremis.

"Jika Anda melihat shutdown sebelumnya, Partai Republik pada dasarnya menyerah dan shutdown tidak menghemat uang. Justru menghabiskan lebih banyak uang," kata Senator Partai Republik Mitt Romney dari Utah kepada wartawan, Selasa (5/9/2023).

Ilustrasi Bendera AS (Sumber: Joshua A. Bickel/Bloomberg)

Hanya ada sedikit waktu untuk mencapai kesepakatan mengenai 12 rancangan undang-undang yang biasanya digunakan untuk mendanai pemerintah sebelum tenggat waktu 30 September, di mana penghentian sementara sebagai satu-satunya solusi. Namun, tidak ada kepastian apakah langkah seperti itu bisa lolos di DPR, berapa lama akan bertahan dan apakah itu akan mencakup bantuan Ukraina.

Partai Demokrat menginginkan sebuah langkah sementara yang membuat pemerintahan tetap berjalan hingga 8 Desember, mencakup  dana US$44 miliar untuk bantuan bencana, Ukraina, dan perbatasan. Mereka juga ingin membahas prioritas mereka sendiri, termasuk peningkatan miliaran dolar guna memastikan kelanjutan tunjangan gizi anak dan dana pengungsi.

"Kedua belah pihak di kedua majelis harus bekerja sama," kata Pemimpin Senat Chuck Schumer, Rabu (6/9/2023). "Hal terakhir yang dibutuhkan rakyat AS saat ini adalah penutupan pemerintah yang tidak ada gunanya."

Senat Republik, yang suaranya dibutuhkan Schumer untuk mengatasi filibuster, tampaknya sebagian besar terbuka untuk penghentian sementara selama berbulan-bulan dan juga pendanaan Ukraina.

McCarthy berada di tengah-tengah

Ketua DPR Kevin McCarthy mengakui bahwa RUU sementara mungkin diperlukan guna menghindari kesibukan akhir tahun dalam meloloskan RUU pengeluaran yang besar.  Perpanjangan hingga November sedang dipertimbangkan.

Kevin McCarthy dan Joe Biden pada 22 Mei 2023. (Sumber: Yuri Gripas/Abaca/Bloomberg)

Untuk menarik simpati kelompok garis keras, Kevin McCarthy berargumen bahwa shutdown dapat memaksa penghentian penyelidikan pemakzulan terhadap Presiden Joe Biden.

Senat perwakilan Florida Matt Gaetz telah mengangkat kemungkinan untuk mencoba menggulingkan McCarthy jika dia tidak mengambil sikap yang lebih keras dalam hal pengeluaran negara dan memulai penyelidikan pemakzulan.

Senat berencana melakukan pemungutan suara secepatnya minggu depan untuk paket anggaran yang mencakup pendanaan pada departemen Urusan Veteran, Pertanian, Transportasi dan Perumahan serta Pembangunan Perkotaan.

Paket anggaran ini diperkirakan akan menarik dukungan kuat dari Senat Partai Republik, menambah tekanan pada McCarthy untuk menyelesaikan kebuntuan pengeluaran negara sebelum 1 Oktober.

--Dengan asistensi Laura Litvan.

(bbn/ggq)

No more pages