Logo Bloomberg Technoz

Imbas TikTok Bakal Dilarang, Saham Sea Ltd & GOTO Melesat

Donald Banjarnahor
07 September 2023 10:46

CEO TikTok Shou Zi Chew. (dok Krizia Putri/Bloomberg Technoz)
CEO TikTok Shou Zi Chew. (dok Krizia Putri/Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Saham Sea Limited dan PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) terbang setelah pemerintah menyatakan akan melarang e-commerce TikTok untuk berjualan di Indonesia, karena dinilai sebagai monopoli.

Hingga pukul 10.37 WIB, saham GOTO tercatat menguat 6,59% ke level Rp97. Saham GOTO sempat menyentuh level Rp99 yang setara dengan kenaikan 8,7%. Tercatat volume GOTO mencapai 3,5 miliar saham dengan nilai Rp338,35 miliar.

Sementara itu, dalam penutupan kemarin atau dini hari waktu Indonesia, saham Sea naik tinggi 5,15% ke level 39,23/saham. Saham Sea sempat diperdagangkan dengan mencetak angka tertinggi 40,09/saham dan terendah pada level 37,61/saham.

Akan tetapi secara year to date, atau sejak awal tahun saham Sea masih terkontraksi, dengan mencatatkan minus 24,62% di tengah menghadapi pesaing-pesaing unggulan lain dalam sektoral bisnisnya, mulai dari Lazada (Alibaba Group Holding Ltd.) hingga TikTok Shop di bidang e-commerce.

Jin K Yoon, Analis New Street Research, mengatakan rencana pemerintah Indonesia akan melarang TikTok berjualan akan berdampak positif terhadap saham Sea Limited yang listing di Amerika Serikat dan GOTO yang listing di Indonesia.