Logo Bloomberg Technoz

Kasus Pajak, Senjata, Putra Joe Biden Mungkin Didakwa September

News
07 September 2023 09:10

Joe Biden dan putranya, Hunter Biden (Sumber: Bloomberg)
Joe Biden dan putranya, Hunter Biden (Sumber: Bloomberg)

Patricia Hurtado dan Chris Strohm - Bloomberg News

Bloomberg, Seorang jaksa di Amerika Serikat (AS) akan mengajukan dakwaan terhadap putra Presiden Joe Biden, Hunter Biden, sebelum akhir September, di saat sang ayah memulai kampanye pencalonannya kembali.

Special Counsel David Weiss mengatakan kepada pengadilan federal di Delaware pada Rabu (06/09/2023) bahwa ia berencana untuk mengajukan dakwaan tanggal 29 September. Pengajuan hukum Weiss datang setelah Hakim Distrik AS Maryellen Noreika memerintahkan pemerintah untuk memberikannya update tentang kasus terhadap Hunter Biden.

Weiss tidak mengindikasikan dakwaan apa yang akan dia ajukan atau di mana itu akan diajukan. Namun, kantor Weiss sebelumnya mengatakan bahwa mereka sedang menyelidiki pelanggaran hukum pajak dan senjata. Dakwaan pajak bisa diajukan di Washington, DC, atau di California karena itulah tempat kejahatan tersebut diduga terjadi.

Sebuah dakwaan terhadap Hunter Biden bisa menjadi ganjalan di kampanye pencalonan ulang ayahnya pada tahun 2024 dan memberikan bahan bakar kepada Republikan untuk mengkritik keluarga Biden atas urusan bisnis mereka. Calon dari Partai Republik, mantan Presiden Donald Trump, juga menghadapi dakwaan pidana di pengadilan federal dan negara bagian.