Logo Bloomberg Technoz

Industri Kecantikan RI Masih Tergantung Pada Bahan Baku Impor

Yunia Rusmalina
06 September 2023 21:10

Ilustrasi belanja kosmetik (Bloomberg)
Ilustrasi belanja kosmetik (Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta — Potensi industri kecantikan di Indonesia makin meningkat. Sayangnya, masih banyak produsen bergantung pada bahan baku impor.

Salah satu kreator affiliate TikTok Shop, Dr Richard Lee menjelaskan produk kecantikan masih banyak mengimpor bahan baku —termasuk bahan kemasan (packaging) dari luar negeri.

“Suka atau tidak suka, memang harus dari luar negeri, masih banyak industri di Indonesia ini juga tergantung dengan impor di luar negeri,” kata Richard yang juga memiliki klinik kecantikan dan produk perawatan kulit Dr. Hen.

Terkait dengan isu pembatasan produk impor yang masuk ke Indonesia, utamanya asal China, Richard menyebutkan, hal itu akan berpengaruh pada industri dalam negeri. Khususnya, bagi perusahaan yang masih bergantung pada produk-produk bahan baku asal China.

“Jadi suka atau tidak suka kita gak bisa langsung banned, kita banned China, kita [dibalas] banned negara lain, ya enggak bisa juga. Kalau [terjadi] kita banned tersebut, ya produksi kita juga akan chaos,” ungkap Richard.