Logo Bloomberg Technoz

PLTS Terapung Cirata Hampir Rampung, Kapasitas 192 MWp

Wike Dita Herlinda
06 September 2023 16:40

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo (kanan) memaparkan langkah PLN mengakselerasi pengembangan EBT di AIPF 2023./dok. PLN
Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo (kanan) memaparkan langkah PLN mengakselerasi pengembangan EBT di AIPF 2023./dok. PLN

Bloomberg Technoz, Jakarta – PT PLN (Persero) mengungkapkan pembangunan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) Terapung Cirata sudah hampir rampung dan bakal diresmikan pada 27 Oktober 2023.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan PLTS terapung terbesar di Indonesia tersebut dirancang untuk kapasitas listrik sebesar 192 MWp. Proyek tersebut digarap melalui kerja sama dengan perusahaan energi Uni Emirat Arab (UEA), Masdar. 

"Ini juga menjadi bukti bahwa PLN mampu menghadirkan skema kerja sama investasi yang menarik sehingga mampu mendorong minat investor untuk mengembangkan proyek EBT di wilayah lain," ujarnya melalui keterangan resmi perusahaan, Rabu (6/9/2023).

Progres PLTS Terapung Cirata tersebut diungkapkan di sela Asean Indo-Pacific Forum (AIPF) dalam rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Ke-43 Asean pekan ini. 

Menurut Darmawan, di forum tersebut, PLN memiliki fokus untuk mendorong kerja sama antarnegara maupun dengan pihak swasta untuk pembangunan interkoneksi sistem kelistrikan di Asia Tenggara.