Logo Bloomberg Technoz

China Pertimbangkan Melarang Pakaian yang Singgung Pemerintah

News
06 September 2023 15:30

Bendera China (Sumber: Bloomberg)
Bendera China (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg News 

Bloomberg, Warga China menyuarakan kekhawatiran tentang potensi perubahan hukum di negara tersebut, yang memungkinkan pemerintah memberikan denda, bahkan hukuman penjara bagi mereka yang menyinggung pemerintah karena mengenakan pakaian yang salah.

Komite Tetap (Standing Committee) badan legislatif China baru-baru ini merilis rancangan revisi undang-undang yang sedang dipertimbangkan. Undang-undang tersebut melarang berbagai perilaku, termasuk cara berpakaian atau ucapan yang "merugikan semangat rakyat China dan melukai perasaan rakyat China."

Akan tetapi, para legislator tidak menjelaskan dengan tepat apa yang bisa membuat orang dikirim ke pusat penahanan hingga 15 hari atau denda hingga 5.000 yuan jika melanggar aturan tersebut. Mereka telah menjadikan undang-undang itu sebagai prioritas tahun ini.

Ilustrasi Warga China (Dok Bloomberg)

Rancangan undang-undang menyoroti bagaimana pemimpin China, Xi Jinping, menekan kebebasan sipil di negara berpenduduk sekitar 1,4 miliar tersebut selama 10 tahun masa pemerintahannya. Begitu juga ketika dia meningkatkan sensor internet di negara tersebut.