Logo Bloomberg Technoz

Isu Merger Masih Abu-abu, Saham FREN dan EXCL Turun

Muhammad Julian Fadli
06 September 2023 14:36

Dok xlaxiata.co.id
Dok xlaxiata.co.id

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pasca pernyataan kedua manajemen perusahaan terkait rencana merger yang belum ada titik terang, saham PT Smartfren Telecom Tbk (FREN) dengan PT XL Axiata Tbk (EXCL) mengalami pelemahan pada perdagangan siang hari ini.

Saham FREN drop 2 poin atau setara dengan kontraksi 3,39% ke posisi Rp57/saham dibandingkan harga penutupan kemarin, Rp59/saham. Saham FREN ditransaksikan senilai Rp34 miliar pada perdagangan Rabu (6/9/2023) dengan jumlah frekuensi 6.498.

Pergerakan Saham FREN Rabu (6/9/2023) (Bloomberg)

Senada, saham EXCL juga turun 20 poin atau 0,8% ke posisi Rp2.470/saham. EXCL telah ditransaksikan dengan nilai Rp18,6 miliar. Padahal, FREN dan EXCL pada perdagangan kemarin mencetak kenaikan yang atraktif dengan masing-masing menguat 11,32% dan 1,63% pada penutupan sore hari. 

Adapun pergerakan di zona merah kedua saham tersebut ditengarai efek dari pernyataan manajemen dari kedua perusahaan, yang masih belum mendapatkan konfirmasi resmi dari para pemegang saham.

Kemarin, Bloomberg Technoz mencoba menanyakan kabar tersebut secara langsung kepada Presiden Direktur Smartfren Telecom Merza Fachys. Merza tidak memberikan penjelasan terinci soal rencana masing-masing pemegang saham.