Logo Bloomberg Technoz

Cuaca ekstrem telah melanda seluruh dunia tahun ini, dimulai dari banjir bandang hingga kebakaran hutan yang telah memakan banyak korban jiwa, memutus jaringan listrik, serta merusak jalanan dan rumah.

Dunia mencatatkan Juni sebagai bulan terpanas yang pernah ada di daratan dan lautan, dengan suhu laut mencapai titik tertinggi baru selama tiga bulan berturut-turut.

Sementara itu, hampir 30 pemimpin dunia termasuk PM China Li Qiang, PM Inggris Rishi Sunak, dan Putra Mahkota Mohammed bin Salman dari Arab Saudi akan berkumpul di ibu kota India pekan ini dalam rangka  KTT G-20.

Bagian lain di India juga mengalami peningkatan suhu yang lebih tinggi dari biasanya pada tahun ini sehingga meningkatkan permintaan listrik dari rumah tangga, petani, dan industri.

Suhu biasanya mencapai puncak pada bulan Mei dan secara perlahan turun dengan bergulirnya musim hujan. Akan tetapi, Agustus yang paling kering dalam lebih dari seabad mendorong suhu maksimum rata-rata di bulan itu ke level tertinggi sejak 1901.

Namun menurut BMKG India, beberapa bagian kota Delhi mungkin akan diguyur hujan dalam beberapa hari mendatang, yang diikuti oleh periode kering selama lima hari hingga 11 September.

(bbn)

No more pages