Logo Bloomberg Technoz

Sebelumnya diberitakan operator selular terbesar di Malaysia, Axiata Group Bhd. dan grup konglomerasi Indonesia, PT Sinar Mas Group, menghidupkan kembali pembicaraan yang dapat mengarah pada penggabungan operasi telekomunikasi mereka di Indonesia, menurut beberapa sumber yang mengetahui hal tersebut.

Kedua pihak dikabarkan sudah membicarakan ini dengan advisor untuk membantu penjajakan potensi transaksi, kata orang-orang yang tidak mau disebutkan namanya karena masalah ini bersifat pribadi. Opsi-opsi lain yang sedang dipertimbangkan adalah perjanjian berbagi jaringan dan kemitraan, kata orang-orang tersebut.

XL Axiata memiliki 58 juta pelanggan per 30 Juni, menurut presentasi keuangan terakhirnya. Axiata memiliki sekitar 66% saham perusahaan ini. Smartfren, sebuah unit dari Sinar Mas, memiliki 36 juta pelanggan pada akhir tahun 2022, menurut laporan tahunannya.

Pasar telekomunikasi Indonesia baru-baru ini mengalami konsolidasi. Tahun lalu, CK Hutchison Holdings Ltd. dan Qatar Ooredoo menggabungkan bisnis telekomunikasi mereka di Indonesia dalam sebuah transaksi senilai US$6 miliar dalam rangka menghadapi persaingan di pasar terbesar di Asia Tenggara dalam hal jumlah pelanggan.

(hps)

No more pages