Logo Bloomberg Technoz

Jika tidak memasukkan iPhone 15 dan AirPods berkonektor USB-C, masih terdapat jutaan perangkat smartphone, TWS Apple sebelumnya yang masih menggunakan kabel Lightning terpisah atau membeli dongle lain dari Apple.

Ini perangkat yang terdampak atas keputusan Apple meninggalkan Lightning: 

iPhone

Seri terbaru 15 akan menjadi yang pertama menampilkan port USB-C. Tampil pada seluruh model, baik reguler ataupun kelas premium (Pro dan Pro Max). Sedangkan sejak 2012 atau saat rilis iPhone 5 seluruhnya menggunakan konektor Lightning.

Tentu ada jutaan iPhone di dunia yang masih setiap dengan Lightning dan perusahaan masih tetap menjualnya. “Jadi kami mungkin akan terus melihat dukungan untuk port Lightning -baik kabel maupun dongle - untuk masa mendatang,” tulis dia.

AirPods

Apple diperkirakan akan meluncurkan sepasang AirPods pertama berkonektor USB-C pada even Wonderlust, berberangan dengan iPhone 15. Seperti halnya pada lini produk smartphone, semua model AirPods dan AirPods Pro sebelumnya memiliki port Lightning.

iPad

Apple telah meninggalkan port Lightning tahun lalu saat mereka meluncurkan iPad generasi ke-10. Namun produk baru iPad gen-9 yang masih memiliki konektor Lightning masih dijual Apple.

Magic Keyboard, Magic Mouse, dan Magic Trackpad

Konektor ketiga perangkat yang awalnya didesain sebagai pelengkap ini juga berpeluang diganti menjadi USB-C kelak. Saat ini ketiga aksesori yang banyak dipakai pengguna seluruhnya menggunakan port Lightning.

EarPods

Apple telah beralih ke konektor Lighting pada EarPods dengan iPhone 7 pada tahun 2016, dan empat tahun setelahnya meluncurkan iPhone pertama dengan port Lightning. Namun, dengan AirPods yang cukup populer, menjadi tidak jelas berapa lama waktu yang dibutuhkan Apple untuk mengganti konektor USB-C pada AirPods.

Ilustrasi kabel pengisi daya baru pada iPhone 15. (Dok: 9to5Mac)

(bbn)

No more pages